Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kapolres Silaturahmi ke Ketua NU Pringsewu Bahas Dinamika di Tengah Masyarakat

Kapolres Silaturahmi ke Ketua NU Pringsewu Bahas Dinamika di Tengah Masyarakat
Kapolres Pringsewu berkunjung ke PCNU, Senin (1/2). (Foto: istimewa)
Kapolres Pringsewu berkunjung ke PCNU, Senin (1/2). (Foto: istimewa)

Pringsewu, NU Online
Menyikapi berbagai permasalahan dan dinamika yang terjadi di tengah masyarakat, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri melakukan silaturahmi ke kediaman Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu, Lampung, Senin (1/2). Ikut dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut beberapa personel Polres dan pengurus PCNU Pringsewu.


Usai pertemuan, Ketua PCNU Pringsewu H Taufk Qurrahim mengatakan bahwa beberapa permasalahan yang didiskusikan adalah terkait dengan komitmen dua lembaga tersebut dalam mewujudkan kondusifitas di kabupaten bermoto Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis tersebut.


“NU sebagai ormas keagamaan siap bersinergi dengan pihak-pihak terkait khususnya Polri dalam upaya mempertahankan kondusifitas Kamtibmas yang selama ini sudah dirasakan bersama,” kata Kiai Taufik kepada NU Online di kediamannya di Pagelaran. 


Dalam kesempatan tersebut Kepolisian dan NU juga menyatukan ‘frekuensi’ terkait penyikapan terhadap efek dari perubahan zaman di mana degradasi moral para generasi muda menjadi ancaman serius bagi bangsa. 


Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, seluruh elemen masyarakat harus bahu-membahu dalam menjaga, mengarahkan, dan mendidik generasi muda agar tidak terjerumus pada pergaulan yang mendatangkan banyak kemudlaratan.


“Apalagi terkait Narkoba dan efek dari media sosial harus benar-benar menjadi perhatian. Narkoba, pornografi, dan rusaknya moral dan akhlak harus kita tangani bersama,” ungkapnya.


PCNU Pringsewu sendiri menyambut baik inisiatif dari Kapolres Pringsewu yang berkoordinasi dengan NU dalam peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Ia mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan masyarakat yang aman dan damai. Pemerintah lanjutnya memang harus menggandeng kekuatan civil society untuk mewujudkannya.


Hal ini juga sudah dicontohkan oleh Kapolri Baru ) Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang melakukan silaturahmi ke PBNU sesaat setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, Kapolri juga mengatakan dengan sedikit berkelakar bahwa jika ada polisi di daerah yang enggan bertemu dengan warga NU (Nahdliyin), maka itu sama saja tidak menghormati dirinya. 


"Karena saya saja sowan ke PBNU,” ucap Jenderal Listyo Sigit saat sowan kepada KH Said Aqil Siroj di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021) sore. 


Kapolri ke-25 yang baru dilantik Presiden Joko Widodo, pada Rabu (27/1/2021) itu mempersilakan warga NU di daerah untuk berkoordinasi dengan Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek di setiap wilayah untuk bekerja sama saling menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).


“Karena saya yakin banyak program yang bisa dikerjasamakan untuk upaya pemeliharan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat),” ungkap Sigit.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online