Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Kabupaten Ini Gelar Khataman Qur’an 12.000 Kali Songsong HUT Ke-12

Kabupaten Ini Gelar Khataman Qur’an 12.000 Kali Songsong HUT Ke-12
Pembukaan Khataman Qur'an di Masjid Darussalam Pringsewu. (Foto: Humas Pemkab)
Pembukaan Khataman Qur'an di Masjid Darussalam Pringsewu. (Foto: Humas Pemkab)

Pringsewu, NU Online
Ada banyak cara dan kegiatan yang dilakukan untuk menyongsong dan menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) sebuah daerah. Namun untuk menyongsong momen spesial ini, Kabupaten Pringsewu, Lampung memiliki cara yang berbeda. Kabupaten bermoto Bumi Secancanan Bersenyum Manis ini menyambut HUT Ke-12 nya dengan menggelar kegiatan khataman Qur’an yang diikuti oleh warganya.


Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu H Heri Iswahyudi, kegiatan ini direncanakan mampu mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 5.000 kali.


“Namun diharapkan sesampainya pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu pada tanggal 3 April 2021 dapat mencapai 12.000 (dua belas ribu) kali Khataman Al-Qur'an,” katanya saat pembukaan kegiatan di Masjid Darussalam yang dihadiri Ibu Bupati Hj Nur Rohmah Sujadi tersebut, Senin (1/2).


Kegiatan tersebut diikuti oleh umat Islam di Pringsewu baik secara kelompok maupun individu  dengan membaca dan mengkhatamkan Qur’an mulai dari tanggal 1 Februari 2021 sampai dengan 2 April 2021. Setiap peserta boleh mengkhatamkan lebih dari sekali dan melaporkan melalui Nomor WA 082289245509.


Untuk pendaftaran khataman Qur’an yang juga dalam rangka menyongsong Pringsewu menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung ini, peserta bisa mendaftar secara online melalui link pendaftaran di http://bit.ly/khotmilquran2021.


Dengan kegiatan khataman ini jelas Heri, diharapkan Kabupaten Pringsewu menjadi daerah yang penuh keberkahan dan menjadi kebiasaan semua warga di Kabupaten Pringsewu untuk terus membaca Al-Qur'an. Selain mendatangkan keberkahan dari membaca Al-Qur'an, pembaca juga akan mendapatkan pahala pada setiap huruf yang dibaca dari Allah SWT.


Senada dengan Heri, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu KH Hambali yang hadir pada acara pembukaan tersebut juga menjelaskan bahwa Al-Qur’an bukanlah kalimat-kalimat biasa. Selain mendapatkan pahala dari membacanya, baik paham maupun tidak, Al-Qur’an juga merupakan obat bagi segala penyakit.


“Dan kami turunkan Al-Qur’an sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman,” jelas Kiai Hambali yang juga Wakil Rais Syuriyah PCNU Pringsewu ini mengutip QS al-Isra ayat 82.

 

Apalagi dalam kondisi saat ini di mana pandemi Covid-19 belum juga mereda, 'ikhtiar langit' dengan berdoa melalui pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an juga harus dilakukan. Diharapkan, melalui washilah kegiatan ini, Allah SWT akan segera mengangkat wabah virus Corona dari Kabupaten Pringsewu khususnya dan seluruh dunia pada umumnya.

 

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Pemkab telah melakukan koordinasi dengan berbagai elemen ormas keagamaan dan dinas terkait seperti Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, MUI, dan ormas keagamaan  seperti NU dan Muhammadiyah.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya