Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Kecelakaan, Banser Brebes Pasang Spanduk Ingatkan Pengguna Jalan

Cegah Kecelakaan, Banser Brebes Pasang Spanduk Ingatkan Pengguna Jalan
Banser Brebes pasang banner ingatkan pengguna jalan (Foto: NU Online/Wasdiun)
Banser Brebes pasang banner ingatkan pengguna jalan (Foto: NU Online/Wasdiun)

 Brebes, NU Online  

Puluhan banner bertuliskan imbauan berhati-hati banyak jalan berlubang di pasang Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah.  Hal ini dilakukan untuk mengingatkan ke pengguna jalan agar lebih hati-hati dan waspada.

 

"Banner-banner ini dipasang sejak seminggu yang lalu, setelah jalan arah Brebes-Jatibarang sepanjang 12 kilometer banyak yang rusak, akibat curah hujan yang tinggi sehingga aspal mengelupas dan jalan pun berlubang," ujar Ketua PAC Ansor Jatibarang Moh Ircham Arifudin. 

 

Disampaikan, apa yang ia laukan sebagai upaya mengingatkan kepada pengguna jalan agar tidak muncul korban yang diakibatkan oleh jalan yang rusak. 

 

"Kami sangat prihatin dengan kondisi jalan yang rusak dan berlubang. Karena mengancam keselamatan pengendara, terutama pengguna sepeda motor, maka kami berikhtiar memasang banner imbauan," ungkapnya.

 

Kepada NU Online, Senin (1/2) Ircham Arifudin menjelaskan, ikhtiar Ansor-Banser Jatibarang bagian dari panggilan jiwa dan secara swadaya membuat tulisan puluhan banner yang dipasang di titik rawan kecelakaan. 

 

"Yang terpenting ikhtiar, kita saling mengingatkan para pengguna jalan untuk berhati-hati," tandas Irkham. 

 

Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Andi Najmi Fuadi menilai, langkah yang lakukan oleh Ansor-Banser Jatibarang dengan memasang baner memiliki tiga nilai pesan moral.  

 

"Kreativitas anak muda merupakan kreasi yang bagus. Saya menangkap setidaknya tiga pesan yang disampaikan. Pertama, agar pengguna jalan berhati-hati demi keselamatan jiwanya. Kedua memberi tahu pemerintah atau pemegang kebijakan anggaran agar cepat tanggap dan ketiga, model penyampaian aspirasi  begini murah meriah dan efektif," ungkap H Andi Najmi yang kelahiran Jatibarang itu. 

 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Ridho Khaeroni membenarkan terjadinya kerusakan jalan Brebes-Jatibarang. Namun dalam APBD 2021 tidak dianggarkan biaya peningkatan jalan tersebut. 

 

"Pemkab akan melakukan perbaikan tambal sulam dalam waktu dekat dan sudah kami survey dan dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan," tutur Ridho. 

 

Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online