Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sembuh dari Covid-19, Santri Majenang Cilacap Siap Donor Plasma

Sembuh dari Covid-19, Santri Majenang Cilacap Siap Donor Plasma
KH Mazin (tengah) saat terima kunjungan PMI Cilacap (Foto: NU Online/Imam Hamidi)
KH Mazin (tengah) saat terima kunjungan PMI Cilacap (Foto: NU Online/Imam Hamidi)

Cilacap, NU Online 
Sejumlah santri Pesantren Cigaru, Majenang, Cilacap, Jateng yang beberapa waktu lalu terpapar virus Covid-19 telah dinyatakan sembuh. Oleh karena itu, pihak pesantren menyatakan siap santri-santrinya mendonorkan plasma konvalesen sebagaimana yang dibutuhkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Cilacap.

 

"Santri-santri kami menyatakan siap mendonorkan plasma darah untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19," ujar Pengasuh Pesantren Cigaru KH Mazin kepada rombongan PMI Cilacap saat bersilaturahim ke pesantrenya, Rabu (3/2).

 

Disampaikan, dari pengalaman Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap KH Su'ada Azkiya bahwa setelah menerima donor plasma dan dinyatakan sembuh dari Covid-19 menjadi inspirasi bagi semua, rasa empati kemanusiaan menjadi tergugah. Barangkali itu akan membangkitkan jiwa santri penyintas, yakni mantan pasien positif Covid-19 klaster pesantren. 

 

"Adanya donor plasma konvalesen, barangkali cara kami (santri) membumikan Al-Qur'an dengan upaya tolong menolong dalam taqwa. Di samping nantinya sebagai praktik santri mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dan kenusantaraan,  humanisme dalam kebinekaan, kesalehan sosial dalam Pancasila, dan rahmatan lil alamin dalam menjaga NKRI," terang kiai yang di akrab dipanggil Buya Mazin ini.

 

Baca juga:

 

Bagian Umum PMI Kabupaten Cilacap Sono Kristianto mengatakan, pihaknya bersyukur atas kesediaan pesantren Cigaru dan akan menjadwalkan kegiatan yang dimaksud, pengambilan donor plasma pada santri pesantren setelah berkoordinasi dengan Kepala kantor Unit Trasfusi Darah PMI Cilacap.

 

"Dalam waktu dekat ini pelaksanaannya akan dijadwalkan," tuturnya.

 

Dia menambahkan, upaya pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 telah dilakukan pemerintah dengan vaksinasi. "Vaksinasi itu guna mencegah, antibody tubuh agar kebal, sehingga tidak bisa tertular virus corona. Sementara terapi plasma konvalesen itu untuk penyembuhan bagi orang yang terinfeksi Covid-19," terangnya.

 

Dalam kunjungannya tersebut, PMI mengapresiasi upaya dan langkah penanganan pandemi Covid-19 di Pesantren Cigaru yang cepat pulih, dengan semangat saling berbagi dan saling melindungi, pesantren pun normal seperti sediakala. 

 

"Kendati demikian, pesantren tetap menerapkan protokoler kesehatan new normal. Kami mengajak Pesantren Cigaru menjadi salah satu produsen plasma," ucapnya.

 

Disampaikan, donor plasma konvalesen belakangan menjadi harapan bagi semua pasien positif Covid-19. Pasalnya, banyak pasien sembuh dengan menggunakan metode terapi plasma, seperti dialami oleh Rais PCNU Cilacap KH Su'ada Azkiya.

 

Kontributor: Imam Hamidi Antassalam
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online