Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Lewat BBM Berkah, Sejumlah Masjid di Sidoarjo Diharap Bersih dari Corona

Lewat BBM Berkah, Sejumlah Masjid di Sidoarjo Diharap Bersih dari Corona
Aksi bersih-bersih masjid oleh PC LTMNU Sidoarjo. (Foto: NU Online/M Kholidun)
Aksi bersih-bersih masjid oleh PC LTMNU Sidoarjo. (Foto: NU Online/M Kholidun)

Sidoarjo, NU Online

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Sidoarjo menggelar bersih-bersih masjid atau BBM Berkah. Kegiatan dilakukan di Masjid Raudlatul Jannah, Desa Becirongengor, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

 

Hal ini sesuai dengan inisiasi Pengurus Bessar LTMNU dan ditindaklanjuti oleh LTMNU Sidoarjo, sebagai upaya menjaga kebersihan dan kesucian masjid. Hal tersebut agar jamaah ketika beribadah terhindar dari wabah atau virus Corona.

 

Ketua PC LTMNU Sidoarjo, H Imam Mukozali mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masjid yang setiap harinya dilakukan ibadah oleh para jamaah dari berbagai daerah. Sehingga tidak ada wabah atau penyakit lain yang tertinggal di masjid, dan masjid tetap suci dan bersih.

 

“Dengan adanya BBM Berkah ini kita harapkan para jamaah sehat,” katanya, Sabtu (06/02/2021).

 

Dengan demikian yang dilakukan adalah bersih-bersih sesuai imbauan PB LTM NUagar dilakukan secara serentak pada 29 Januari hingga 28 Februari 2021 mendatang.

 

Disampaikannya bahwa apa yang dilakukan sebagai bentuk sambang masjid dari PC LTMNU Sidoarjo ke Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wonoayu dan dilanjutkan ke MWCNU lain di Sidoarjo.

 

Imam menjelaskan, ada empat masjid di MWCNU yang nantinya disambangi LTMNU Sidoarjo dan dapat dilakukan secara serentak diseluruh masjid yang ada di kabupaten Sidoarjo. Pihaknya juga melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan mulai memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

 

“Kalau di Kementerian Agama itu adalah menerapkan 5M. Sehingga ini betul-betul dilakukan masyarakat,” ujarnya.

 

Selain BBM berkah, LTMNU Sidoarjo juga memberikan sejumlah alat kebersihan di antaranya sapu, cikrak, pengepel lantai, tempat sampah plastik, sikat lantai, cairan pembersih lantai dan lain sebagainya.

 

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan masjid. “Melaui upaya ini, diharapkan penyerabaran virus corona yang ada di kabupaten Sidoarjo dapat diminimalisir,” tegasnya.

 

Sementara itu Ketua MWCNU Wonoayu, H Arif Ja’far mengaprsiasi langkah yang sudah dilakukan oleh PC LTMNU Sidoarjo. Pihaknya akan meneruskan ke seluruh masjid yang ada di Kecamatan Wonoayu.

 

“Alhamdulillah, kami sangat mendukung kegiatan ini dan bisa dilakukan di semua masjid yang ada di bawah naungan MWCNU Wonoayu,” katanya.

 

Disampaikan pula, dirinya akan melakukan koordinasi dengan lembaga, banom dan masyarakat setempat agar pelaksanaan BBM Berkah ini ke depannya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Menurutnya, selama ini MWCNU Wonoayu juga rutin melakukan sosialisasi 5M untuk memutus matai rantai penyebaran Covid-19.

 

“Setiap ada kegiatan, kami selalu menyampaikan ke masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu sebagai upaya kami memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” pungkasnya.

 

Kontributor: Moh Kholidun

Editor: Ibnu Nawawi

Posisi Bawah | Youtube NU Online