Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

WHO Gagal Temukan Asal-usul Virus Corona di Wuhan

WHO Gagal Temukan Asal-usul Virus Corona di Wuhan
Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO). (Foto: AFO)
Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO). (Foto: AFO)

Jakarta, NU Online

Penyidik Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO) dan China belum berhasil menemukan hewan yang pertama kali menularkan virus corona kepada manusia. Ilmuwan China memperkirakan virus bisa bersirkulasi di tempat lain, sebelum menyebar di Wuhan.


Tim investigasi gabungan WHO dan otoritas kesehatan China mengaku tidak menemukan bukti adanya transmisi virus dari hewan ke manusia. Kabar tersebut diumumkan menyusul penyelidikan seputar asal usul virus corona di Wuhan, China.


Sebelumnya, para ahli meyakini Covid-19 berasal dari kelelawar dan dapat ditularkan ke manusia melalui mamalia lain. "Penularan dari hewan kemungkinan memicu corona, tetapi sejauh ini inang perantara belum bisa diidentifikasi," kata kepala tim ilmuwan China Liang Wannian, Selasa (9/2) seperti dikutip dari AFP.

 


Sementara itu, Pakar WHO Ben Embarak juga mengatakan tidak ada bukti wabah besar terjadi di Wuhan sebelum periode itu. WHO telah menyelesaikan penyelidikan mengenai asal usul virus corona selama satu bulan di Wuhan.


Selama kunjungan, para tim bekerja dengan diawasi dengan ketat. Wartawan dilarang bertanya pada para ahli. Namun potongan temuan mereka menyebar melalui Twitter dan wawancara.


Sejak keluar dari karantina hotel selama 14 hari, para ahli WHO sudah mengunjungi sejumlah lokasi yang disebut muasal pandemi itu, termasuk pasar basah Huanan, tempat pertama kali orang terkonfirmasi positif Covid-19.


Tim itu hanya menghabiskan waktu satu jam di pasar makanan laut tersebut. Mereka juga mendatangi Institut Virologi Wuhan dalam rangka menindaklanjuti teori kontroversial yang menyebut Wuhan menjadi sumber pandemi.

 


Sempat muncul dugaan Covid-19 menyebar karena ada kekeliruan penanganan yang dilakukan oleh peneliti di Institut Virologi Wuhan. Namun, China membantah tuduhan itu.


Menurut versi pemerintah China, virus corona sudah menyebar di luar negeri sebelum dilaporkan merebak di Wuhan. Menurut laporan media massa milik pemerintah, mereka mencurigai virus itu terkandung di dalam bahan makanan beku yang diimpor dari Eropa pada 2019.


Di laboratorium itu, tim menghabiskan hampir empat jam dan bertemu dengan sejumlah ilmuwan China. Selebihnya, mereka berada di hotel, serta menerima kunjungan dari berbagai pejabat China.


WHO menyatakan misi yang dijalankan tim penyelidik itu adalah murni kegiatan ilmiah. Namun, di mata pemerintah China hal itu sarat dengan muatan politis.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Muchlishon

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya