Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Peduli Pekalongan Salurkan Berbagai Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

NU Peduli Pekalongan Salurkan Berbagai Bantuan ke Warga Terdampak Banjir
sekelompok masyarakat titip bantuan ke warga terdampak banjir lewat NU Peduli PCNU Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online/Arif)
sekelompok masyarakat titip bantuan ke warga terdampak banjir lewat NU Peduli PCNU Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online/Arif)

Pekalongan, NU Online  
Tim NU Peduli Bencana Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah di bawah kendali Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) bekerjasama dengan LAZISNU, Ansor, Banser, Muslimat, Fatayat, Ipnu, dan IPPNU menyalurkan bantuan ke warga terdampak banjir di Kecamatan Tirto, Wonokerto, dan Siwalan.

 

Sebelum pendistribusian bantuan, digelar Apel terlebih dahulu di halaman Kampus Institut Tehnologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Jalan Karangdowo No 9 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.

 

Apel yang dipimpin Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Brisan Ansor Serbaguna (Banser) Amin Nur. Dalam arahannya dia mengatakan, Gerakan NU Peduli ini merupakan Gerakan bersama lintas Badan Otonom dan Lembaga di bawah komando Nahdlatul Ulama.

 

"NU Peduli ini merupakan Gerakan bersama lintas Badan Otonom dan Lembaga di bawah komando Nahdlatul Ulama, yang antara lain NU sebagai pemegang komando dibantu lembaga dan badan otonom di lingkungan NU," jelasnya.

 

Amin Nur juga menambahkan bahwa dalam mendistribusikan bantuan ini NU Peduli telah melakukan asesmen yang kondisi di lapangan. 

 

"Butuh kejelian dalam mendistribusikan bantuan kepada korban banjir dan NU Peduli ini telah melakukan asesmen kondisi di lapangan terlebih dahulu sebelum turun sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," imbuhnya.

 

Warga Titip Bantuan ke NU Peduli  


Ketua Posko NU Peduli Coyo Hudi Susilo menyampaikan bahwa setiap hari banyak di antara masyarakat yang berdatangan ke Posko NU Peduli Kabupaten Pekalongan untuk mempercayakan penyaluran bantuan kepada warga terdampak banjir.

 

"Banyak Masyarakat yang berdatangan ke Posko NU Peduli tiap harinya. Mereka mempercayakan penyaluran bantuan untuk korban banjir kepada kami. Mereka datang dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Pekalongan," ujarnya.

 

Dijelaskan, pada Selasa (9/2) pihaknya menerima titipan dari masyarakat Kecamatan Petungkriyono dan Paninggaran. Selain sembako, obat-obatan, diapers, dan selimut, pihaknya juga menyerahkan dana tunai.

 

"Ada juga ada masyarakat yang menyerahkan bantuan berupa sayuran dan hasil bumi," ujarnya. 


Menurutnya, hal ini terwujud karena kerja sama yang solid dari semua tim yang terlibat. "Kepercayaan masyarakat kepada kami ini bukan secara tiba-tiba namun karena kerja sama yang solid Tim NU Peduli sebagai kunci dalam penyaluran bantuan bencana di tahun-tahun sebelumnya yang tepat sasaran," ungkapnya.

 

Kontributor: Arif Maksum 
Editor: Abdul Muiz
 

Posisi Bawah | Youtube NU Online