Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

STAI Darul Hikmah Aceh Barat Beri Beasiswa Guru dan Hafiz

STAI Darul Hikmah Aceh Barat Beri Beasiswa Guru dan Hafiz
STAI Darul Hikmah Aceh Barat. (Foto: Istimewa)
STAI Darul Hikmah Aceh Barat. (Foto: Istimewa)
Meulaboh, NU Online
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Hikmah Aceh Barat memberikan beasiswa sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) bagi calon mahasiswa baru yang berlatar belakang guru dayah atau pesantren. Juga bagi alumni dan penghafal Al-Qur'an. Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat, Tgk Rahmat Saputra.
 
Ia mengatakan, kehadiran kampus berbasis dayah ini harus memberikan manfaat kepada dayah. "Kita semua tahu bahwa kampus STAI Darul Hikmah adalah satu-satunya kampus yang berada di dalam dayah, di Barat Selatan Aceh,” katanya, Kamis (11/2). 
 
Karena itu selama periode kepemimpinannya, dirinya ingin memastikan kampus sejalan dengan visi dayah. Di antaranya dengan cara membantu para guru dayah, alumni dayah dan penghafal Al-Qur'an atau hafiz untuk dapat melanjutkan pendidikan sarjana.
 
Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Syahwaludin mengatakan, beasiswa SPP tersebut bisa didapat hingga 100 persen. Besaran beasiswa yang didapat ditentukan berdasarkan penguasaan kitab kuning atau jumlah juz yang dihafal, serta hasil tes dan wawancara yang wajib diikuti.
 
“Bagi guru dan alumni dayah, kami mensyaratkan mampu membaca kitab kuning, dan bagi hafiz minimal telah menghafal 3 juz Al-Qur'an,” terangnya. 
 
Bagi yang tertarik, cukup mengambil formulir pendaftaran di 081316569141 atau mengisi formulir online di link pmb.staidarulhikmah.ac.id. Kemudian membayar biaya formulir sebesar Rp150.000,-. 
 
Syahwaludin menambahkan bahwa ke depan, kampus akan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan perusahaan yang ada di Aceh Barat. Hal itu untuk memperbesar kuota penerima beasiswa SPP di STAI Darul Hikmah.
 
Kesie Kemahasiswaan, Tgk Fariyoni mengatakan saat ini jumlah pendaftaran calon mahasiswa baru telah banyak meningkat dari sebelumnya. Baik prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), maupun prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).
 
"Alhamdulillah semenjak pendaftaran gelombang 1 dibuka, banyak calon mahasiswa yang telah mendaftar di STAI Darul Hikmah,” katanya.
 
Hal tersebut dimungkinkan karena semakin banyak masyarakat yang tahu keberadaan STAI Darul Hikmah. Di samping itu, sistem perkuliahan di prodi PBA sangat sesuai dengan Tgk Dayah yang telah terbiasa membaca kitab kuning.
 
“Selain itu, prodi PIAUD juga banyak diminati karena di pantai barat selatan Aceh hanya ada di STAI Darul Hikmah,” ungkapnya.
 
Sebagai informasi, saat ini jajaran struktural STAI Darul Hikmah Aceh Barat banyak diisi oleh kalangan muda. Berbagai inovasi terus dihadirkan, seperti implementasi ICT, dakwah digital dan webinar secara berkala.
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Syamsul Arifin

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya