Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

20 Cabang Fordaf Jabar Latih Daiyah Dakwah Kekinian

20 Cabang Fordaf Jabar Latih Daiyah Dakwah Kekinian
Logo Fatayat NU. (Foto: NU Online)
Logo Fatayat NU. (Foto: NU Online)

Cirebon, NU Online

Tak kurang dari 20 cabang Forum Daiyah Fatayat NU (Fordaf) di wilayah Jawa Barat melaksanakan Nyantri Keren, Madrasah Kader Daiyah Mahmudah (MKDM) Fatayat NU Jawa Barat, dan silaturahmi Daiyah di tingkat Provinsi Jawa Barat.


"Alhamdulillah Program Nyantri Keren di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat sudah dimulai pada awal Februari lalu. Dalam catatan kami, yang siap melaksanakan Nyantri Keren sekitar 20 kabupaten kota se-Jabar, Insya Allah disusul oleh kabupaten kota lain yang sedang proses persiapan," kata Hj Yeni Ainul Widad, Ketua Fordaf, kepada NU Online, pada Sabtu (13/2).


Yeyen, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan Nyantri Keren yang diadakan sebanyak sembilan kali pertemuan memberikan penguatan pemahaman tentang nasionalisme, alasan harus melawan isu radikalisme, dan bagaimana manhaj dakwah yang sesuai dengan Ahlussunah wal Jama'ah An-Nahdliyah.


Selain itu, para peserta juga diberikan penguatan tiga materi pokok, berupa wawasan kebangsaan, wawasan keaswajaan, dan kajian kitab kuning.


Para alumni Nyantri Keren ini nantinya akan diseleksi guna mengikuti MKDM Fatayat NU Jawa Barat yang akan diselenggarakan di tingkat provinsi. Tetapi, peserta juga tentu harus melewati seleksi, sesuai kriteria dari PW Fordaf Jawa Barat.


"Sebagai salah satu lembaga di Fatayat NU, maka dalam setiap kebijakan atau program Fordaf Kabupaten hendaknya tetap komunikasi dan berkoordinasi dengan Pengurus Cabang Fatayat NU. Ini mutlak dan tidak bisa ditawar," jelasnya.


Fordaf Jawa Barat berkoordinasi dan menjalin kerjasama serta komunikasi dengan Pimpinan Wilayah Fatayat NU Jawa Barat, sedangkan Fordaf Kabupaten atau Kota selalu berkordinasi dengan Pengurus Cabang setempat.


Sementara itu, Ketua PW Fatayat NU Jawa Barat Hirni Kifa Hazefa mengapresiasi pelaksanaan program Nyantri Keren serempak diikuti oleh PC Fatayat NU se-Jawa Barat.


"Gerakan ini sangat penting untuk memaksimalkan peran Fatayat NU di bidang dakwah sebagai program inti Fatayat NU Jawa Barat dengan meningkatkan kapasitas diri daiyah Fatayat NU," katanya.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online