Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Kasus Covid-19 Dunia Melandai, WHO: Pencegahan Sederhana Bisa Melawan Corona

Kasus Covid-19 Dunia Melandai, WHO: Pencegahan Sederhana Bisa Melawan Corona
Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pertemuan virtual. (Foto: AP)
Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pertemuan virtual. (Foto: AP)

Jakarta, NU Online

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan kasus baru Covid-19 di dunia yang terus menurun dalam lima pekan terakhir dibanding awal 2021.


Jumlah kasus baru Covid-19 dalam lima pekan dilaporkan turun hanya 2,6 juta dalam sepekan, turun setengahnya ketimbang awal tahun yang bisa mencapai 5 juta kasus baru dalam sepekan.


"Jumlah kasus baru Covid-19 turun selama lima pekan berturut-turut. Turun hampir setengah dari 5 juta kasus menjadi 2,6 juta kasus," tulis Tedros di akun Twitter pribadinya, Selasa (17/2).

 

 

 

 

Tedros menambahkan penurunan jumlah kasus baru ini menunjukkan langkah pencegahan sederhana yang dilakukan publik bisa melawan Covid-19, meski ada varian baru.


"Masalahnya sekarang adalah bagaimana kita merespons tren ini. Api belum padam, tetapi kita telah memperkecil ukurannya. Jika kita berhenti melawannya di semua medan perang, dia (Covid-19) akan kembali melonjak," tutup Tedros.

 

 

 

 

 

Berdasarkan laporan Worldometer hingga 17 Februari 2021, total kasus Covid-19 di dunia mencapai 110,03 juta kasus di mana 2,4 juta pasien meninggal, 84,85 juta sembuh dan 22,8 juta kasus aktif Covid-19.


Tren menurunnya kasus baru Covid-19 juga terlihat di Indonesia. Sejak 8 Februari 2021 pertambahan kasus Covid-19 di bawah 10.000 kasus per hari. Bahkan pada Senin (15/2) penambahannya cuma 6.462 kasus.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Muchlishon

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya