Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Mahasiswa IPB Turut Bantu Warga Terdampak Bencana Nganjuk

Mahasiswa IPB Turut Bantu Warga Terdampak Bencana Nganjuk
Bersama Ansor-Banser, mahasiswa KKN-Tematik IPB salurkan bantuan masyarakat terdampak bencana Nganjuk, Jawa Timur. (Foto: istimewa)
Bersama Ansor-Banser, mahasiswa KKN-Tematik IPB salurkan bantuan masyarakat terdampak bencana Nganjuk, Jawa Timur. (Foto: istimewa)

Nganjuk, NU Online

Mahasiswa KKN-Tematik IPB yang berdomisili di wilayah Kota Kediri ikut bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor dan NU Care-LAZISNU dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kelurahan Brebek, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

 

Penyerahan bantuan kemanusiaan secara  simbolis kepada warga yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor ini diwakili oleh Moh Fatoni selaku pembina Gerakan Pemuda Ansor Ranting Ngampel dan M Rizqi Febriantoro, Ketua KKN-Tematik IPB Kota Kediri.
 

"Kegiatan kemanusiaan ini bukan karena mencari esensi semata, namun karena gerakan hati melihat saudara Nganjuk yang sedang tertimpa musibah. harapannya masyarakat Nganjuk yang tertimpa musibah diberi ketabahan dan keihklasan serta apa yang kita berikan sedikit atau banyak bisa membantu masyarakat sekitar," kata M Rizqi Febriantoro.

 

Sumber dana bansos yang diperoleh diutamakan berasal dari pengurus dan anggota Gerakan Pemuda Ansor Ranting Ngampel, anggota Tim KKN-Tematik UIPB Kediri Kota dan para  donatur dari berbagai elemen masyarakat Kelurahan Ngampel. 


"Kiranya pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meringankan beban dari warga yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Nganjuk. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menambah tali silaturahmi antara  GP Ansor emuda ANSOR dan Tim KKN Tematik IPB bersama warga masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor," kata Moh Fatoni, pembina Gerakan Pemuda Ansor-Banser Ranting Ngampel.

 

Aksi tersebut dilakukan Kamis (18/2). Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir yang terjadi di Kabupaten Nganjuk hingga kedalaman satu meter membuat sejumlah warga mengungsi. Banjir terjadi karena intensitas hujan yang tinggi sehingga berakibat pada meluapnya Sungai Kincir.

 

Selain banjir, salah satu daerah di Kabupaten Nganjuk yaitu daerah Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos juga  terdampak tanah longsor. Bahkan saat penyaluran bantuan kemanusiaan sempat mengalami kendala saat menuju salah satu lokasi pengungsian karena beberapa alasan sehingga bantuan dialihkan ke posko terdekat untuk kemudian bisa disalurkan ko lokasi bencana.

 

Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online