Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banjir di Beberapa Daerah, NU Peduli PWNU Jateng Kirim Paket Sembako

Banjir di Beberapa Daerah, NU Peduli PWNU Jateng Kirim Paket Sembako
PWNU Jateng salurkan paket sembako ke beberapa daerah terdampak banjir (Foto: Dokumentasi NU Jateng)
PWNU Jateng salurkan paket sembako ke beberapa daerah terdampak banjir (Foto: Dokumentasi NU Jateng)

Pekalongan, NU Online
Banjir yang melanda di beberapa daerah sejak 2 pekan terakhir mengakibatkan penderitaan warga. Pasalnya, akibat banjir nyaris warga terdampak tidak bisa beraktivitas sama sekali, termasuk memasak dan mencuci di rumah.


Melihat kondisi demikian, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah bergerak mengirimkan sejumlah bantuan paket sembako ke Kudus, Demak, Batang, Pekalongan, dan Brebes melalui PCNU setempat untuk meringankan beban kebutuhan warga.


Ketua PWNU Jawa Tengah HM Muzammil mengatakan, pada musim hujan tahun ini warga NU dan masyarakat pada umumnya tetap bergotong-royong melalui NU Peduli dengan memberikan pelayanan dan pertolongan di antara sesama warga. 


"Dengan bimbingan ulama, NU peduli Jateng bersama LPBINU, LAZISNU, Banser, dan warga NU saling berbagi dan peduli kepada warga yang terkena musibah," ujarnya kepada NU Online, Sabtu (20/2).


Disampaikan, apa yang dilakukan PWNU Jateng sebagai bentuk dari khidmah pengurus dan warga NU dengan prinsip mabadi’ khaira ummah atau dasar-dasar kehidupan umat yang baik seperti kejujuran, memegang amanah, gotong-royong, dan istiqamah sebagaimana diajarkan para ulama nampak kembali berjalan dilakukan Nahdliyin.


"Penyaluran sembako ke warga terdampak banjir sebagai implementasi dari mabadi’ khaira ummah. Apa yang dilakukan oleh NU adalah bentuk kepedulian sosial," tegasnya.


Ketua PW Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jateng, Winarti, selaku Ketua Pelaksana NU Peduli PWNU Jateng menyampaikan barang bantuan telah sampai Posko NU Peduli di masing-masing daerah tujuan. 


"Paket sembako tersebut adalah hasil gotong-royong dari warga yang dikumpulkan secara sukarela," ujar Winarti.


Sekretaris PCNU Kabupaten Pekalongan, H Lukman Hakim, mengucapkan terima kasih kepada NU Jateng Peduli yang telah mengirimkan paket sembako kepada warga. "Semoga paket sembako ini sedikit meringankan beban masyarakat terdampak musibah banjir. Semoga airnya dapat segera surut," ucapnya.


Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, kiriman bantuan paket sembako dari PWNU Jateng sangat membantu warga terdampak banjir yang sudah berlangsung dua pekan lebih. Pihaknya segera mendistribusikannya kepada warga terdampak. 


"Paket sembako yang terdiri dari beras 300 kg, mie instan 50 kardus, minyak goreng 5 kardus, air mineral 10 kardus, dan telur beberapa kotak akan segera disampaikan ke warga melalui tim NU Peduli," pungkasnya. 


Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online