Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Sawahan Rembang Bagikan Nasi Bungkus lewat Jumat Berbagi

Ansor Sawahan Rembang Bagikan Nasi Bungkus lewat Jumat Berbagi
Pembagian nasi bungkus kepada pemulung oleh Ansor Sawahan Rembang melalui Jumat Berbagi pada Jumat (5/3). (Foto: Ronji)
Pembagian nasi bungkus kepada pemulung oleh Ansor Sawahan Rembang melalui Jumat Berbagi pada Jumat (5/3). (Foto: Ronji)

Rembang, NU Online

Pimpinan Ranting Ansor Desa Sawahan Kabupaten Rembang mengadakan bentuk aksi sosial dengan membagikan nasi bungkus yang menyasar kepada pemulung di Kabupaten Rembang. Kegiatan Jumat Berbagi lebih diutamakan dan menyasar kepada pemulung yang berada di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Landoh, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jumat (5/3).

 

Ketua Pimpinan Ranting Ansor Desa Sawahan Ahmad Zahir Najmuddin mengatakan kegiatan Jum’at Berbagi sendiri sudah menjadi bentuk program yang terhitung sudah tiga kali berjalan. Dipilihnya pemulung kawasan TPA Landoh menjadi bentuk perhatian karena resiko kesehatan ditengah tempat yang kumuh.

 

"Kegiatan ini adalah Jumat Berbagi dengan bagi-bagi nasi bungkus sebanyak 50 bungkus siap konsumsi yang dilakukan Ranting Ansor Sawahan, Kecataman Rembang, Kabupaten Rembang. Untuk Lokasi kami memilih TPA Landoh di sana ada orang-orang yang memilah sampah untuk dijual kembali untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya," katanya.

 

Zahir sapaan akrabnya menjelaskan bahwa selama bagi-bagi nasi kepada orang yang membutuhkan mendapat dukungan dari mereka yang menerimanya. Selain itu, mereka menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantunya.

 

"Sedikit yang kita berikan setidaknya bisa membantu mereka. Ini sebagai wujud juga dalam menumbuhkan rasa saling berbagi dan peduli terhadap sesama," jelasnya.

 

Kegiatan yang berlangsung di hari Jumat tersebut juga menjadi bentuk ajakan kepada masyarakat untuk saling tolong menolong dalam membantu mereka yang membutuhkan. Selain itu, penerapan protokol kesehatan menjadi poin utama dalam pembagian nasi bungkus tersebut. Pasalnya saat ini masyarakat masih berada di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19 sekarang ini dengan penerapan prokes ketat menerapkan 5M.

 

"Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas dan interaksi," imbuh Zahir.  

 

Selama ini banyak kegiatan lainnya yang telah dilakukan Ranting Ansor Desa Sawahan dalam bentuk aksi kepedulian sosial. Di antara adalah membantu korban bencana alam yang disalurkan melalui NU Care-LAZISNU Kabupaten Rembang. 


Kontributor: Mochamad Ronji
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online