Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kaderisasi dan Administrasi Jadi Fokus Utama IPNU-IPPNU Way Kanan

Kaderisasi dan Administrasi Jadi Fokus Utama IPNU-IPPNU Way Kanan
Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) IPNU-IPPNU Way Kanan, Lampung. (Foto: NU Online/Sultan Diamond)
Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) IPNU-IPPNU Way Kanan, Lampung. (Foto: NU Online/Sultan Diamond)
Way Kanan, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Way Kanan, Lampung menggelar Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) setalah pelantikan Desember lalu. Kegiatan berlangsung di Lantai II Gedung PCNU di Kampung Tiuh Balak I, Kecamatan Baradatu, Sabtu (6/3). 
 
Ketua PC IPPNU Way Kanan Faridatul Khusna mengatakan, titik fokus pembahasan Rapimcab yang diikuti jajaran pengurus cabang dan perwakilan PAC/PK/PKPT se-Kabupaten Way Kanan tersebut ialah kaderisasi dan administrasi. Mengingat kedua hal tersebut merupakan hal yang krusial dalam organisasi. 
 
"Kaderisasi merupakan jantung sebuah organisasi, tanpa adanya hal itu sangat sulit jika sebuah organisasi bergerak maju dan dinamis. Dengan itu pula organisasi akan hidup," ujarnya.
 
Lebih lanjut Farida mengungkapkan, salah satu bukti maju dan berkembangnya suatu organisasi ialah tertib administrasi. Administrasi yang baik dan benar akan menjadikan sebuah organisasi menjadi semakin kokoh. 
 
Adapun hasil dari rapat tersebut, sebagaimana dijelaskan Sekretaris PC IPPNU Way Kanan Oti Wirana, di bidang kaderisasi perlu adanya pembentukan anak cabang di kecamatan yang belum terbentuk, sebagai titik fokus di pondok pesantren NU dan sekolah umum. 
 
Selain itu, perlu adanya upgrading bagi kepengurusan tingkat bawah agar semakin bersemangat dalam menjalankan roda organisasi, pembentukan Pimpinan Komisariat (PK) dan Pimpinan Ranting (PR) di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang sudah terbentuk, serta pengembangan kader dan anggota. Tak kalah penting adalah silaturahim ke jajaran pengurus NU di semua tingkatan untuk membangun sinergi program.
 
Di bidang administrasi, kata dia, perlu adanya penataan yang lebih baik lagi. Dalam waktu dekat akan dilakukan pelatihan yang wajib diikuti kader dan pengurus, khususnya untuk sekretaris. 
 
"Untuk jaringan komunikasi dan informasi titik fokus kita masih sama, pengembangan media sebagai eksistensi dan juga jihad kedamaian. Karena kita melihat akhir ini banyak anak muda yang aktif bermedia sosial juga semakin meningkatnya penyebaran berita bohong dan provokasi," tambah Oti didampingi Sekretaris PC IPNU Way Kanan, Trisno Pebrianto. 
 
Kemudian di bidang seni, budaya, dan olahraga Trisno menambahkan, pihaknya akan fokus pada pengembangan bakat dan minat kader serta anggota sebagai upaya mengembangkan dan menjaga nilai budaya. Sebagian bidang ini sudah berjalan, seperti PAC IPNU-IPPNU Baradatu beberapa waktu lalu menggelar pelatihan Karawitan bersama dalang muda. 
 
"Sementara PAC Banjit akan melaksanakan futsal sebagai pendekatan pada kaum muda. Lalu di PAC Gunung Labuhan titik fokus di seni kaligrafi," tuturnya.
 
Rapat pimpinan yang mengusung tema 'Bertekad dan Perkuat Konsolidasi yang Bersinergi Demi Keunggulan Organisasi' tersebut dihadiri perwakilan PAC Baradatu, Banjit, Gunung Labuhan, Kasui, Pakuan Ratu, Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Ma'arif Way Kanan, dan PK baik secara langsung maupun daring.
 
Kontributor: Disisi Saidi Fatah
Editor: Syamsul Arifin
Posisi Bawah | Youtube NU Online