Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Bandarlampung Ingatkan Pelajar NU Tentang Tata Cara Sowan Kiai

NU Bandarlampung Ingatkan Pelajar NU Tentang Tata Cara Sowan Kiai
Perayaan Puncak Harlah NU, IPNU, dan IPPNU Kota Bandar Lampung sekaligus pembukaan Konferkom dan Rapat Anggota PK SMP Islam El Syihab Bandar Lampung.
Perayaan Puncak Harlah NU, IPNU, dan IPPNU Kota Bandar Lampung sekaligus pembukaan Konferkom dan Rapat Anggota PK SMP Islam El Syihab Bandar Lampung.

Bandarlampung, NU Online
Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandar Lampung H Maswi mengingatkan pelajar NU yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk mengedepankan adab, etika, dan sopan santun ketika sowan (bertemu) kiai atau ulama.


Di antara adab yang wajib diterapkan pelajar NU adalah memilih waktu tepat dan meminta izin terlebih dahulu sebelum sowan dengan kiai atau ulama. Saat bertemu dengan para kiai, adab yang diajarkan dalam pesantren juga harus dikedepankan dengan mengucap salam terlebih dahulu dan mencium tangan dengan niat meminta barakahnya.


"Jangan sampai menjadi orang NU yang tidak beradab kepada kiai maupun ulamanya. Datang ke rumah silaturahim tidak tahu jadwal dan semaunya," ujarnya pada puncak peringatan hari lahir (Harlah) Ke-98 NU, Ke-67 IPNU, dan Ke-66  IPPNU di SMP Islam El Syihab Bandar Lampung, Ahad (7/3).


Saat berhadapan dengan kiai, pelajar NU juga telah diajarkan untuk menundukkan pandangan, begitu pula ketika masuk rumah. “Usahakan jangan mengetuk pintu, cukup dengan mengucapkan salam dan menunggu beliau membuka pintu, lalu duduk dengan sopan,” tambahnya.


"Dalam silaturahim atau sowan pada kiai dan ulama, jangan tergesa-gesa mengutarakan maksud dan tujuan. Begitu pula ketika kiai sedang bicara, jangan dipotong pembicaraannya," lanjutnya pada acara bertema Revitalisasi Pelajar NU Dalam Mewujudkan Generasi Muda yang Spiritual, Berintelektual, serta Progresif.


Dalam puncak perayaan harlah NU, IPNU, IPPNU tersebut juga sekaligus dilaksanakan Konferensi Komisariat (Konferkom) dan Rapat Anggota komisariat Pimpinan Komisariat (PK) SMP Islam El Syihab. Sebelumnya juga telah dilaksanakan khataman qur'an selama satu pekan yang dipimpin Gus Ichan, Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Lampung.


Pada kesempatan tersebut, Ketua PC IPPNU Kota Bandar Lampung Tira Fitri Yantika mengungkapkan bahwa sebagai langkah awal kepengurusan yang ia pimpin bersama Ketua PC IPNU Saibani masa khidmat 2020-2022 ini, pihaknya akan fokus pada pembuatan koin pelajar NU Bandar Lampung serta kaderisasi pembentukan PAC dengan membuat sistem karteker.


“Kami berharap dari KBNU dapat men-support juga mendukung program ini dalam upaya pembentukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) di 20 kecamatan,” harapnya.


Kontributor : Disisi Saidi Fatah
Editor: Muhammad Faizin

Posisi Bawah | Youtube NU Online