Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARLAH KE-73 NYAI SINTA

Ucapkan Ultah Ke-73, Menlu Sebut Nyai Sinta Nuriyah Inspirasi Perempuan Indonesia

Ucapkan Ultah Ke-73, Menlu Sebut Nyai Sinta Nuriyah Inspirasi Perempuan Indonesia
Nyai Sinta Nuriyah Saat menerima penghargaan atas peran pemberdayaan perempuan dari Soka University Jepang, 27/10/2017. (Foto: IG Inayah Wahid)
Nyai Sinta Nuriyah Saat menerima penghargaan atas peran pemberdayaan perempuan dari Soka University Jepang, 27/10/2017. (Foto: IG Inayah Wahid)

Jakarta, NU Online
Ibu Negara ke-4 RI, Nyai Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, memasuki usia ke-73 tahun, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang diperingati pada setiap 8 Maret. Nyai Sinta lahir di Jombang, 8 Maret 1948.


Pada kesempatan webinar yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Senin (8/3), Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-73 kepada Nyai Sinta. 


Menlu Retno menyebutkan, berbagai kiprah dan kontribusi yang telah dilakukan oleh istri dari Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, telah memberikan banyak inspirasi bagi kaum perempuan di Indonesia. 


“Semoga Ibu Sinta dikaruniai panjang usia. Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, Ibu telah memberi contoh kepada kita semua bahwa perempuan merupakan bagian penting bagi kemajuan bangsa dan negara,” ungkap Retno melalui sebuah tayangan video, sebelum Nyai Sinta menyampaikan pidato kunci pada gelaran webinar itu.


Selain itu, Retno menuturkan bahwa Nyai Sinta telah memberikan contoh soal bagaimana perempuan dapat menjadi agen toleransi, moderasi, dan perdamaian di tengah berbagai kebinekaan kehidupan.


“Ibu juga telah memberikan contoh bahwa perempuan dapat selalu menjadi bagian dari solusi. Contoh itulah yang selalu menjadi inspirasi kami semua, terutama kami kaum perempuan Indonesia, termasuk saya sendiri,” tutur Retno.


Menurut Menlu, perjuangan untuk mencapai kesetaraan hak bagi para perempuan belum usai. Retno berjanji akan menjadi bagian dari perjuangan yang harus terus dilanjutkan itu.  


“Ibu, perjuangan untuk mencapai kesetaraan hak bagi para perempuan belum selesai. Perjuangan itu harus terus dilanjutkan dan saya berjanji akan menjadi bagian dari perjuangan tersebut,” ucapnya.


“Sekali lagi selamat ulang tahun. Ibu telah memberikan contoh yang baik para kaum perempuan Indonesia,” ujar Retno. 


Senandungkan shalawat
Pedangdut Cici Paramida juga menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun kepada Nyai Sinta. Sebelum mengucapkan, ia terlebih dulu menyenandungkan shalawat yang kerap dilantunkan oleh YouTuber sekaligus Pengasuh Padepokan Anti Galau Cirebon Kang Ujang Busthomi.


Barakallah fii umrik, selamat Milad yang ke-73 tahun untuk ibunda tercinta, Ibu Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid,” ungkap Cici Paramida.


Ia lantas menyampaikan doa dan harapan kebaikan untuk Nyai Sinta. Sebab bagi dia, Nyai Sinta telah menjadi panutan sekaligus inspirasi bagi kaum perempuan di Indonesia. 


“Semoga sehat, panjang umur, berkah, dan bahagia selalu. Tetap menjadi panutan dan inspirasi bagi kaum perempuan untuk menjadi perempuan yang shalihah, cerdas, tangguh, dan sukses,” harap Cici. 



Setelah itu, ucapan juga diungkapkan oleh putri kedua pasangan Gus Dur-Nyai Sinta Nuriyah, Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid). Ketua PP Muslimat NU ini berharap, sang ibu dapat diberikan kesehatan sehingga senantiasa mendampingi putra-putri bangsa. 


“Selamat ulang tahun mama. Semoga panjang umur, sehat selalu, bisa mendampingi kami semua, putri-putrinya dan seluruh putra-putri bangsa agar bisa mengarungi kehidupan yang penuh tantangan ini dengan baik dan tetap dilandaskan akhlakul karimah,” ungkap Direktur Wahid Foundation ini.


“Saya atas nama ibunda juga mengucapkan terima kasih atas semua ucapan ulang tahun, baik yang disampaikan oleh para tokoh tadi, maupun lewat chat, terima kasih atas perhatian para hadirin sekalian,” ucap Yenny. 


Tak ketinggalan, putri sulung Nyai Sinta, Alissa Wahid, pun memberikan pengabaran dan pengharapan doa untuk sang ibu melalui akun Twitter pribadinya. Ia berharap, ibundanya dapat terus berkarya sebagai Ibu Bangsa.


“Hari ini ibunda saya berulang tahun ke-73. Mohon hadiah doa ya, agar beliau tetap sehat, panjang usia, tetap berkarya menjadi Ibu Bangsa. Terutama bagi mereka yang lemah atau dilemahkan sistem,” tutur Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian ini.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online