Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

SMK Binaan LP Ma'arif NU di Tangerang Terpilih sebagai Pusat Keunggulan Vokasi

SMK Binaan LP Ma'arif NU di Tangerang Terpilih sebagai Pusat Keunggulan Vokasi
Penandatanganan prasasti, Selasa (9/3) tandai peresmian SMK Jaya Buana Tangerang sebagai salah satu sekolah Center of Excellence. (Foto: istimewa)
Penandatanganan prasasti, Selasa (9/3) tandai peresmian SMK Jaya Buana Tangerang sebagai salah satu sekolah Center of Excellence. (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Salah satu sekolah binaan Ma'arif NU, yakni SMK Jaya Buana di Tengger Kresek, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten dipercaya sebagai sekolah kategori Center of Excellence. Peresmian sekolah Center of Excellence SMK Jaya Buana berlangsung Selasa (9/3) ditandai dengan penandatanganan prasasti di halaman SMK Jaya Buana oleh Direktur Jendreral Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto.

 

Ketua LP Ma'arif NU, H Zainal Arifin Junaidi, yang hadir secara virtual pada peresmian tersebut mengatakan, sebagai lembaga yang bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang pendidikan dan pengajaran formal, LP Ma'arif NU berkewajiban membangun sumber daya manusia dan meningkatkan mutu. Selain itu, LP Ma'arif NU juga memfasilitasi sarana pendidikan yang berada di dalam naungannya.

 

"Hal itu diperkuat dengan adanya sekolah binaan Ma'arif NU yang dipercaya menjadi pusat keunggulan vokasi atau yang disebut dengan Center of Excellence," kata Arifin Junaidi.

 

Center of Excellence merupakan Program Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berfokus terhadap Pengembangan Pusat Keunggulan (CoE). Program tersebut menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitasisasi Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

 

"Program ini menjadi modal utama LP Ma'arif NU untuk mendorong dan bersinergi membangun generasi bangsa dengan mendukung program tersebut," imbuh Arifin Junaidi. 

 

Dengan peresmian tersebut, lanjut dia, akan menjadi pusat keunggulan di lingkungan LP Ma'arif NU. Adanya dukungan infrastruktur sekolah yang didukung langsung oleh Direktorat Pendidikan Vokasi akan menambah daya tarik masyarakat terhadap pendidikan vokasi yang bernuansa islami.

 

"Selain untuk mengembangkan integritas guru dan siswa, program ini akan memaksimalkan potensi-potesi siswa agar sesuai dengan kebutuhan dunia industri," kata Kiai Arjuna, sapaan akrabnya. 

 

Secara umum tujuan sekolah pusat keunggulan adalah agar menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

 

SMK Jaya Buana memiliki lima jurusan yaitu Teknik Pengelasan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Jurusan Manajemen Pemasaran.

 

SMK Jaya Buana terpilih sebagai sekolah pusat keunggulan setelah mengikuti pendaftaran dan seleksi yang berlangsung sejak Februari 2021. Pelaksanaan program akan berlangsung Mei-Desember 2021. Pada sekolah yang terpilih akan didampingi oleh universitas dari jurusan sesuai vokasi yang ada di sekolah terpilih.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori

 

Posisi Bawah | Youtube NU Online