Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Mahasiswa Unusa Asal Timor Leste Wakili Peringatan Hari Perempuan Sedunia

Mahasiswa Unusa Asal Timor Leste Wakili Peringatan Hari Perempuan Sedunia
Koiru Nisa Ramos Corta (tiga dari kiri) di kampung halamannya (Foto: Istimewa)
Koiru Nisa Ramos Corta (tiga dari kiri) di kampung halamannya (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online

Kiprah Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) di kancah internasional terus berlanjut. Kali ini, salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) ikut ajang pada peringatan Women’s International Day 2021. Dia bernama Koiru Nisa Ramos Corta yang mewakili organisasi Klibur muslimah Timor Leste.

 

“Women's International Day merupakan salah satu bentuk persamaan gender antara perempuan dengan laki-laki,” katanya, Rabu (10/3). 

 

Dijelaskan bahwa kehadirannya diharapkan dapat mengubah persepsi yang kurang tepat di masyarakat. Bahwa biasanya orang mengatakan bahwa perempuan tidak bisa melakukan hal yang dilakukan laki-laki, 

 

“Padahal itu salah besar,” ungkapnya.

 

Disampaikan, melalui acara ini dirinya bisa meningkatkan integritas dan kualitas, sehingga dapat menjadi perempuan yang tangguh dan pemberani.

 

Memiliki prinsip powerful woman membuat Nisa, sapaan akrabnya terus optimis, jika perempuan Timor Leste berhak mendapatkan pendidikan tinggi. Hal ini, karena prinsip tersebut dapat menjadikan perempuan memiliki bakat serta mempunyai rasa sosial yang tinggi terhadap negara. Juga ujungnya akan berdampak pada teman perempuan lain.

 

"Prinsip powerful woman menjadikan perempuan tangguh, cerdas dalam berbagai sektor, dan mampu membangunkan rasa spirit volunteer," ungkapnya.

 

Nisa yakin dalam memperingati Women International Day ini, perempuan bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi. Salah satunya yang Nisa jalani yang berkesempatan kuliah di Unusa.

 

“Saya yakin ini bisa memberikan dampak yang baik pada masyarakat sekitar, khususnya ketika lulus S1 Keperawatan Unusa,” terangnya. 

 

Diungkapkan, apa yang dilakukan saat ini setidaknya sebagai langkah kecil. Bahwa dengan belajar di Unusa membuat dirinya bisa memberikan dampak pada negaranya. “Juga menginspirasi perempuan yang ada di Timor Leste," beber Nisa. 

 

mengenyam pendidikan di Unusa, serta mengambil Prodi S1 Keperawatan, Nisa berharap dapat memberikan dampak pada lingkungan sekitar. "Semoga saya bisa memajukan lingkungan sekitar dan memberikan kontribusi secara nyata, khususnya dalam bidang kesehatan," pungkasnya. 

 

Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online