Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Innalillahi, KH Munib Muslih Wakil Rais PCNU Rembang Berpulang

Innalillahi, KH Munib Muslih Wakil Rais PCNU Rembang Berpulang
KH Munib Muslih. (Foto: Dok. Radio NUR FM)
KH Munib Muslih. (Foto: Dok. Radio NUR FM)

Rembang, NU Online
Kabar duka tiba dari Rembang, Jawa Tengah. Rabu (10/3) sore KH Munib Muslih, Wakil Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Rembang berpulang ke rahmatullah. Kiai yang juga Ketua MUI Kabupaten Rembang ini wafat di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang sekitar pukul 16.30 WIB.


Setelah diberangkatkan dari RSUD, jenazah bertolak dari rumah duka di daerah Kasingan, Rembang untuk dishalatkan di halaman Masjid Agung Rembang. Tampak hadir dalam prosesi tersebut KH A Mustofa Bisri (Gus Mus), Bupati Rembang H Abdul Hafidz, serta alim ulama setempat. Jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Krapyak sekitar pukul 20.00 WIB.


Kiai Munib Muslih merupakan seorang alim yang telah banyak berkiprah untuk masyarakat Rembang, terlebih di bidang keagamaan dan kemasyarakatan. Kiai Munib pernah menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Rembang periode 2008-2013. 


Pada awal 2021 lalu, bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan organisasi kemasyarakatan Islam lainnya, MUI Kabupaten Rembang yang dipimpin Kiai Munib turut menginisiasi penerbitan buku kumpulan Khutbah Jumat yang berisi tentang edukasi penanggulangan Covid-19 khususnya di wilayah Rembang dan sekitarnya.


Begitupun di awal pencanangan gerakan vaksinasi oleh pemerintah, beliau selaku Ketua MUI Rembang mengimbau masyarakat, khususnya warga muslim Rembang, untuk siap menerima program vaksinasi yang dinilai tidak membahayakan, suci,lagi halal.


Bagi beliau, vaksin adalah bentuk ikhtiar untuk meningkatkan ketahanan fisik bersama. Hal terkait pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 pun selalu beliau serukan dalam forum khutbah Jumat di berbagai masjid setempat.


Kiprah beliau di NU Rembang juga sangat panjang. Kiai Munib pernah menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Rembang periode 2008-2013. Selain itu, beliau juga sedang menjabat kepala Madrasah Muallimin Muallimat Rembang, salah satu madrasah tertua di Rembang, serta menjadi ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Rembang.


KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) yang juga masih kerabat dari Kiai Munib, memuat ucapan bela sungkawa di akun instagram-nya.


”Aku kehilangan lagi seorang saudara yang baik hati. Hari ini, keponakanku dan putera guru ngajiku, KH Munib Muslih telah berpulang ke hadirat Ilahi,” tulis Gus Mus. 


Kontributor: Muhammad Iqbal Syauqi
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya