Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Isra' Mi'raj Membumikan Tasawuf untuk Solidaritas Global

Isra' Mi'raj Membumikan Tasawuf untuk Solidaritas Global
Momentum Isra' Mi'raj harus dimanfaatkan untuk mengabdi dan terus membumikan ajaran-ajaran sufisme di realitas sosial maupun dalam dakwah di media digital.
Momentum Isra' Mi'raj harus dimanfaatkan untuk mengabdi dan terus membumikan ajaran-ajaran sufisme di realitas sosial maupun dalam dakwah di media digital.

Jakarta, NU Online

Peringatan Isra' Mi'raj sejatinya menjadi momentum untuk menguatkan solidaritas global. Apalagi di tengah pandemi saat ini, yang membutuhkan kolaborasi bersama untuk saling menguatkan.

 

Demikian pernyataan Plt Ketua Umum PP Mahasiswa Ahlit Thariqah al-Mu'tabatoh an-Nahdliyyah (MATAN) M. Hasan Chabibie, Kamis (11/3).

 

Hasan menyampaikan bahwa pandemi saat ini membutuhkan kerja bersama untuk saling menguatkan. "Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita masih harus berjuang bersama-sama untuk menangani pandemi. Pemerintah telah melakukan vaksinasi, namun jangan sampai kita lengah untuk menerapkan protokol kesehatan," ungkap Hasan Chabibie.

 

Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kesehatan, jaga diri, kuatkan imun. "Momentum Isra' Mi'raj mari kita jadikan momentum untuk membangkitkan solidaritas global, kita saling bantu, saling bekerjasama," ungkap Hasan Chabibie yang juga Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud.

 

Lebih lanjut, Hasan mengatakan bahwa semestinya kita bersama-sama menjadikan momentum Isra' Mi'raj untuk mengabdi. Juga, membumikan ajaran-ajaran sufisme di realitas sosial maupun dalam dakwah di media digital.

 

"Isra' Mi'raj juga jadi momentum kita bersama untuk membumikan tasawuf sebagai semanga mengabdi. Ajaran dari para guru sufi tersambung dengan ajaran Nabi Muhammad SAW untuk membawa cinta ke alam semesta, menghadirkan kasih sayang ke sesama. Maka, penting menggerakkan pengabdian dengan fondasi nilai-nilai tasawuf, nilai-nilai cinta kasih," ungkap Hasan.

 

Hasan Chabibie, yang juga pengasuh pesantren Baitul Hikmah, Depok, Jawa Barat, mengajak kepada para penggerak MATAN untuk bersama-sama berkolaborasi, mengabdi dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

 

"Penggerak Mahasiswa Ahlit Thariqah al-Mu'tabaroh an-Nahdliyyah (MATAN) harus bersama-sama berkolaborasi, belajar untuk berkembang, sekaligus mengabdi kepada umat. Pesan Isra' Mi'raj sangat jelas: menebarkan nilai-nilai ibadah untuk semesta alam," terang Hasan.

 

Hasan Chabibie juga mengajak kepada para penggerak MATAN dan komunitas santri untuk semangat berdakwah di media digital, terutama untuk menebar nilai-nilai Islam yang ramah saat ini.

 

Kontributor: Hanan Zayn
Editor: Kendi Setiawan

 

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya