Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Galakkan Kaderisasi Banser, GP Ansor Pamekasan Hijaukan Pantura

Galakkan Kaderisasi Banser, GP Ansor Pamekasan Hijaukan Pantura
Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Pamekasan, Jawa Timur, Syafiuddin. (Foto: NU Online/Anam)
Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Pamekasan, Jawa Timur, Syafiuddin. (Foto: NU Online/Anam)

Pamekasan, NU Online
Pimpinan Cabang  Gerakan Pemuda   (PC GP) Ansor Pamekasan, Jawa Timur  terus bergerak menggalakkan kaderisasi.  Seolah tanpa   jemu, GP Ansor yang dinahkodai oleh Syafiuddin ini menyapa para pemuda di berbagai daerah untuk mendorong  mereka bergabung dalam Ansor. Bagi dia, seolah tiada hari tanpa kaderisasi.


Terbaru, Wakil Ketua DPRD Pamekasan tersebut mensupport pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di daerah Pasean, Kabupaten Pamekasan. Diklatsar tersebut digelar oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC)  GP Ansor Pasean. Pasean adalah  kecamatan yang terletak di pantai utara (pantura) Pamekasan.  Sebelumnya, tepatnya Desember 2020, Diklatsar Banser dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Kadur.


Lima tahun sebelumnya, para pemuda daerah pantura Pamekasan hanya sedikit yang  bergabung dengan GP Ansor. Namun  berkat kepemimpinan Syafiuddin yang kala itu menjadi penggerak aliansi 3 PAC Ansor pantura, akhirnya para pemuda banyak yang  bergabung deengan GP Ansor.


Tekad kuat untuk menghijaukan pantura dengan baju kebesaran  Ansor, tampaknya terus digelorakan hingga kini oleh Syafiuddin dan segenap jajaran GP Ansor Pamekasan.


"Saya sudah meninjau lokasi Diklatsar Banser yang panitianya ditangani PAC GP Ansor Pasean, tadi malam. Alhamdulillah representatif," terang Syafiuddin saat ditemui di kantor PC GP Ansor Pamekasan, Jalan R Abd Aziz, Jungcangcang, Nomor 95 Pamekasan, Jumat (12/3) pagi.


Ia menyatakan gembira bahwa semangat  PAC GP Ansor untuk melakukan kaderisasi  cukup besar. Dikatakan Syafiuddin,  dalam memimpin Ansor, dirinya  tidak ada apa-apanya tanpa semangat dan dukungan pengurus Ansor di tingkat kecamatan dan desa.


“Kaderisasi  menjadi ruh dari eksistensi Ansor,”  jelasnya.


Jika tidak ada aral yang merintangi, Diklatsar Banser di daerah Pasean akan dilangsungkan selama tiga hari. Yakni, tanggal 19 sampai 21 Maret 2021. Menurut  Ketua Ansor Pasean,  Kabupaten Pamekasan, Bakir,  meskipun pelaksanaan Diklatsar itu masih kurang seminggu lagi, namun  cukup banyak  pemuda yang berminat mengikutinya.


"Alhamdulillah banyak pemuda yang berminat ikut Diklatsar Banser. Ini jadi pintu awal bagi mereka untuk nantinya berproses di Banser Ansor," tegas Bakir


Spirit menghijaukan pantura sebagaimana bertahun-tahun digelorakan Syafiuddin, lanjut Bakir, kini sudah mendarah-daging di tubuh kepengurusan GP Ansor pantura yang terdiri dari Batumarmar, Pasean, dan Waru. Ketua dan para pengurus GP Ansor di tiga kecamatan tersebut merupakan kader  militan hasil besutan Syafiuddin yang siap berkhidmah untuk Ansor NU.


"Tiada lain niat mencari  barokahnya muassis NU. Sebab, mereka adalah ulama yang pewaris Nabi," pungkasnya.


Pewarta: Hairul Anam
Editor: Aryudi A Razaq

Posisi Bawah | Youtube NU Online