Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

BBM Berkah Rambah Tanah Abang Jakarta Pusat

BBM Berkah Rambah Tanah Abang Jakarta Pusat
Kegiatan BBM Berkah di Petamburan Jakarta Pusat, Selasa (16/3). (Foto: NU Online)
Kegiatan BBM Berkah di Petamburan Jakarta Pusat, Selasa (16/3). (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online

Kegiatan Bersih Bersih Masjid (BBM) Berkah terus digencarkan di wilayah DKI Jakarta. Pada Kamis (16/3) kemarin, BBM Berkah digelar di Kecamatan Tanah Abang yakni di Kelurahan Petamburan dan Kelurahan Karet Tengsin. 

 

BBM Berkah di Kelurahan Petamburan meliputi Masjid Baiturrahmah dengan Ketua DKM Ustadz Awaluddin; Masjid Al Istiqomah dengan Ketua DKM Yudi, dan Masjid Al Islam dengan Ketua DKM Ustadz Iwan.

 

Ketua Ranting NU Kelurahan Petamburan Ustadz Agus, dalam rilis yang diterima NU Online menyatakan dukungannya dengan adanya kegiatan ini. "Kami menyambut baik kegiatan ini," ujar Ustad Agus.

 

Adapun Lurah Petamburan, Suyanto berharap program BBM terus berjalan di seluruh masjid Kelurahan Petamburan.

 

Bimas Kelurahan Petamburan Ginanjar juga ikut mengapresiasi program BBM. "Kami dukung kegiatan ini," katanya singkat.

 

Sementara BBM Kelurahan Karet Tengsin meliputi Masjid Mathlaul Anwar (Ketua DKM Ust Abdurrohim). Lurah Karet Tengsin Hary berharap dengan aksi BBM berdampak pada kebersihan fisik dan kebersihan dari paham radikal.

 

Ketua LTM PCNU Jakarta Pusat Yusril Hana berjanji akan terus menggalakkan aksi BBM. "Kita targetkan sebagian masjid di Jakarta disertakan dalam aksi BBM," ujarnya. 

 

Sekretaris LTM PCNU Reza Putra mengaku bersemangat dan akan terus mendukung program LTM PWNU. "Kami akan mendukung program BBM ini. Masjid Jakarta harus bersih dari segala hal. Fisiknya, pahamnya, dan orang-orangnya harus menjunjung nilai NKRI," terang Reza. 

 

LTMNU Bogor jalin kerja sama dengan BJB

Sementara itu LTMNU Kabupaten Bogor Jawa Barat mengimplementasikan nota kesepahaman dengan Bank BJB. Pada Senin (15/3), Bank BJB bersilaturahim dengan LTMNU Bogor.

 

"Kami melakukan koordinasi dengan berbagai tingkatan kepengurusan NU dan LTMNU serta para DKM di Kabupaten Bogor. Alhamdulillah, ada beberapa utusan yang hadir dari wilayah Cibinong, Bojonggede, Ranca Bungur, Kemang, Leuwiliang, Leuwi Sadeng, dan lain-lain," kata H Agus Riadi, Ketua LTMNU Kabupaten Bogor.

 

Ia mengatakan kehadiran Bank BJB ini membuka peluang kemudahan dalam berharaqa, khususnya dalam  kreasi tata kelola keuangan Masjid. Seperti peluang pemberdayaan ekonomi umat atau jamaah masjid melalui program Kredit Mesra Bank BJB.

 

Asep selaku Manajer Bisnis BJB Kantor Cabang Cibinong ​​​​​​​memaparkan program BJB Kredit Mesra. Program ini dicanangkan Gubernur Jawa Barat untuk membantu pelaku usaha bersama skala mikro oleh 5-10 orang dalam satu tim secara tanggung renteng.


"Kredit Mesra tidak pakai agunan. Skala mikro mulai Rp 500.000,- sampai  Rp 5.000.000,- per orangnya dalam satu tim antara lima sampai sepuluh orang yang terikat secara tanggung renteng kewajiban pelunasan. Tanpa bunga, hanya bayar administrasi dimuka yang relatif rendah," tutur Rully dari Bank BJB Cibinong.

​​​​​​​

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online