Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bakti Sosial dan Khataman Qur’an Warnai Peluncuran Al-Qur’an Center NU Pringsewu

Bakti Sosial dan Khataman Qur’an Warnai Peluncuran Al-Qur’an Center NU Pringsewu
Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu, Lampung saat ini resmi memiliki Al-Qur’an Center. (Foto: NU Online/Faizin)
Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu, Lampung saat ini resmi memiliki Al-Qur’an Center. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online
Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu, Lampung saat ini resmi memiliki Al-Qur’an Center. Pusat kegiatan umat Islam berbasis Al-Qur’an ini diresmikan oleh KH Hambali, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu yang juga Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten pada Kamis (18/3) siang.


Berbagai acara mewarnai peluncuran Al-Qur’an Center NU Pringsewu yang terletak di Jalan Sudirman (Depan Bank Lampung) Kota Pringsewu ini. Sejak pagi, para hafiz dan hafizah yang tergabung dalam Jamiyyatul Qurra wal Huffaz NU yakni organisasi para penghafal Al-Qur’an NU sudah mengadakan khatmil qur’an bil ghaib.


Di sela-sela kegiatan khatmil qur’an ini juga dilakukan bakti sosial berupa cek kesehatan gratis berupa cek kadar gula dan tekanan darah yang digawangi oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah NU (LAZISNU) Pringsewu. Selain cek kesehatan gratis yang melibatkan Barisan Ansor Serbaguna Husada (Basada) ini, juga dilakukan pembagian masker gratis pada masyarakat.

 

 

“Kita juga menyalurkan bantuan beras untuk 40 guru ngaji dan penerimaan donasi 1 unit kendaraan bermotor dari masyarakat untuk kegiatan sosial keagamaan LAZISNU,” kata Kabul Muliarto, Manager Eksekutif LAZISNU Pringsewu.


Sementara saat puncak kegiatan, Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrohim menjelaskan bahwa Al-Qur’an Center adalah langkah awal NU memaksimalkan tanah wakaf yang sudah diamanahkan pada NU oleh keluarga besar Hj Syaila Moeksalamina. Ke depan, berbagai kegiatan dakwah dan keagamaan berbasis Al-Qur’an akan dipusatkan ditempat tersebut.

 

 

“Al-Qur’an Center yang didirikan PCNU Pringsewu ini menangani pendalaman Al-Qur’an sesuai bidangnya. Di antaranya adalah Tahfidzul Qur’an, Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an, Pengobatan Metode Al-Qur’an, Musabaqah Qur’an, dan Majelis Taklim Al-Qur’an yang diberi nama Majelis Taklim Hj Syaila Moeksalamina,” ungkapnya.


Selain pengembangan Al-Qur’an, di tempat tersebut juga akan dijadikan tempat halaqah para mualaf yakni berupa pesantren mualaf. Al-Qur’an Center juga akan menjadi tempat penguatan paham Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah yang diperuntukkan bagi umat Islam di Pringsewu yang diberi nama Aswaja Center.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR

Posisi Bawah | Youtube NU Online