Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ujian Akhir Ma'arif NU di Jombang Terapkan Prokes Ketat

Ujian Akhir Ma'arif NU di Jombang Terapkan Prokes Ketat
Suasana UAMNU jenjang MI binaan LP Ma'arif NU di Jombang. (Foto: Istimewa)
Suasana UAMNU jenjang MI binaan LP Ma'arif NU di Jombang. (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online
Sejumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) di bawah binaan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Kabupaten Jombang, Jawa Timur sejak Senin (22/3) menyelenggarakan Ujian Akhir Ma’arif NU (UAMNU) secara online. Ujian ini dilakukan serempak hingga sepekan ke depan.


"UAMNU kita laksanakan serentak oleh peserta didik dengan cara online," kata Sekretaris PC LP Ma'arif NU Jombang, Muhaji, Senin (22/3) kepada NU Online.


Kendati secara daring, para siswa dan siswi kelas akhir itu mengikuti UAMNU secara langsung di madrasahnya masing-masing, tidak dilakukan di rumahnya sebagaimana saat mengikuti proses belajar dan mengajar selama masa pandemi Covid-19.


Muhaji menegaskan, panitia penyelenggara sudah menyiapkan teknis pelaksanaan UAMNU dengan memperketat penerapan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi kluster penyebaran Covid-19 di lingkungan madrasah Ma'arif NU.


"Pada kegiatan kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakini memakai masker dan menjaga jarak," jelasnya.


Di samping itu, kata dia, rentang waktu pelaksanaan UAMNU yang cukup panjang itu adalah termasuk upaya penyelenggara agar menghindari terjadinya kerumunan siswa-siswi, mengingat jumlah peserta didik Ma'arif cukup banyak.


"Adapun peserta dari UAMNU sekitar 8.000 siswa terdiri dari jenjang MI dilaksanakan selama satu minggu dimulai hari ini," ungkapnya.


Muhaji mengatakan, UAMNU adalah ujian yang dilakukan secara nasional di lingkungan LP Ma'arif NU. UAMNU juga menjadi standarisasi kelulusan para siswa-siswi Ma'arif di madrasah yang mereka pilih.


"Untuk itu kami berharap para siswa dan siswi Ma'arif NU di Jombang khususnya agar mengikuti UAMNU dengan semaksimal mungkin," jelasnya.


Pelaksanaan UAMNU di jenjang MI sebetulnya dijadwalkan jauh hari sebelumnya. Namun, karena situasi yang cukup mengkhawatirkan kala itu, akhirnya ditunda, apalagi Jombang beberapa kali masuk zona merah penyebaran Covid-19.


Sementara UAMNU untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) sudah selesai diselenggarakan beberapa bulan yang lalu.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin

Posisi Bawah | Youtube NU Online