Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Upaya Pesantren Darul Hikmah Gumelar Wujudkan Kemandirian

Upaya Pesantren Darul Hikmah Gumelar Wujudkan Kemandirian
Pengasuh Pesantren Darul Hikmah Gumelar, Gus Yawan Priyono (kanan) menyambut kehadirian Ketua Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Hj Erna Husein pada peluncuran usaha, Rabu (24/3). (Foto: istimewa)
Pengasuh Pesantren Darul Hikmah Gumelar, Gus Yawan Priyono (kanan) menyambut kehadirian Ketua Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Hj Erna Husein pada peluncuran usaha, Rabu (24/3). (Foto: istimewa)

Banyumas, NU Online

Sebagai upaya meningkatkan ekonomi para santri, Pondok Pesantren Darul Hikmah, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah meluncurkan usaha keripik pisang dan jasa laundry. Dua jenis usaha tersebut diluncurkan pada Rabu (24/3) siang di halaman Pondok Pesantren Darul Hikmah Gumelar.

 

Pengasuh Pesantren Darul Hikmah Gumelar, Gus Yawan Priyono menceritakan usaha tersebut berawal dari seorang santri yang sowan, kemudian mencurahkan isi hatinya perihal kesulitan biaya. Gus Yawan mendiskusikan dengan anggota yayasan, dan pada akhirnya disepakatilah usaha tersebut.

 

"Pada suatu malam ada santri yang termasuk pengurus, yang sudah tidak sekolah itu curhat, mau kerja masih mondok, mau ngaji pengin bantu orang tua yang sudah sepuh. Dilematik, saya mau melepas masih butuh mereka untuk menjadi pengurus, membantu saya di pondok pesantren," ungkapnya saat dihubungi NU Online pada Rabu (24/3). 

 

Alumni Pondok Pesantren Darul Abror Watumas, Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta itu menjelaskan nantinya keuntungan yang didapat dari usaha tersebut akan digunakan untuk keperluan santri dan pengelolaan pondok pesantren.

 

"Nantinya hasil usaha tersebut untuk santri dan pondok," ujarnya.

 

Gus Yawan memberikan alasan terkait perlunya sebuah usaha di pondok pesantren, yaitu untuk melatih santri supaya punya keahlian, bisa menghargai waktu dan mengembangkan inspirasi kewirausahaan.

 

"Man jadda wajada, kalau kita mau berusaha Allah pasti memberikan jalan. Apalagi orang sedang mengaji pasti Allah permudah segala urusan. Aamiin," harapnya. 

 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dari pihak Kecamatan Gumelar menawarkan ke pondok pesantren melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk memberikan pembinaan wirausaha kepada santri.
  

Acara peluncuran usaha santri Pesantren Darul Hikmah juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Erna Sulistiowati Achmad Husein yang sekaligus istri dari Bupati Banyumas Achmad Husein. 

 

Erna Sulistiowati berharap, santri tidak melupakan tugas utamanya yaitu mengaji. Melihat kondisi yang masih pandemi Covid-19, Erna mengimbau kepada santri untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan dan mematuhi protokol kesehatan.

 

"Walaupun sudah ada usaha tapi jangan sampai lupa mengaji, dan jangan lupa jaga kebersihan," imbaunya.

 

Pesantren Darul Hikmah adalah pondok pesantren berada di Desa Gumelar, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pesantren didirikan pada tahun 2017. Selain menerima santri mukim, pesantren juga membuka kajian dan majelis taklim yang diikuti warga sekitar.

 

Kontributor: Suwitno
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya