Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Pergunu Lampung Ajak Para Guru Terampil Berwirausaha

Pergunu Lampung Ajak Para Guru Terampil Berwirausaha
Ketua Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Lampung Djamaludin Malik (Berbaju putih). (Foto: Istimewa)
Ketua Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Lampung Djamaludin Malik (Berbaju putih). (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Ketua Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Lampung Djamaludin Malik mengajak para guru untuk meningkatkan kemampuan wirausahanya. Pasalnya Kemampuan wirausaha akan meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan ekonomi para guru yang gajinya belum mencukupi kebutuhan sehari-hari.


“Mari kita tingkatkan keterampilan wirausaha para guru,” ajaknya dalam Webinar Sarasehan Nasional Hari Ulang Tahun Pergunu Ke-69 dengan tema Guru NU Mencerdaskan Bangsa, Sabtu (27/3).


Djamal menambahkan bahwa guru merupakan bagian penting dalam menciptakan generasi berkualitas. Namun jika tidak ditopang dengan kemampuan ekonomi yang memadahi, maka akan sulit menjamin kesejahteraan dan keberlangsungan hidup para guru. Terlebih, ekonomi dan kesejahteraan merupakan faktor utama yang akan mendorong semangat para guru untuk melaksanakan tugas utamanya dengan maksimal.


“Keberadaan guru, jika tidak ditopang dengan kemampuan ekonomi yang kuat, akan loyo,” ungkapnya.


Dengan adanya kemampuan wirausaha, para guru diharapkan dapat menumbuhkan kemandirian ekonomi dengan tanpa meninggalkan kewajiban mengajar. Para guru diharapkan dapat berkumpul dan membentuk lembaga usaha yang dapat menopang kesejahteraan. Sehingga bukan hanya mengajar, namun para guru dapat menuangkan kreativitasnya dan memperoleh timbal balik yang dapat menambah kemampuan ekonomi keluarganya.


Sebagai bukti keseriusannya, PW Pergunu Lampung akan membentuk badan koperasi yang menjadi wadah pergerakan usaha para guru. Diharapkan melalui koperasi tersebut lanjut Djamal, kesejahteraan para guru akan terangkat bukan hanya bergantung dari gaji, namun dapat bekerjasama antar sesama guru maupun bermitra dengan wirausahawan yang telah lebih dulu berjalan.


Wirausaha dapat menjadi salah satu solusi bagi para guru yang belum mendapatkan kesejahteraan dari gaji yang diterima. Namun ia berpesan, dengan wirausaha bukan berarti para guru dapat meninggalkan kewajibannya dalam mendidik dan membentuk generasi yang berkualitas. Wirausaha dalam hal ini berperan sebagai pendukung kesejahteraan para guru.

Kontributor: M. Ulil Hidayat
Editor: Muhammad Faizin

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya