Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Jadi Delegasi Ajang Internasional, Kader PMII dari Sulsel Gagas Sekolah Investor Syariah

Jadi Delegasi Ajang Internasional, Kader PMII dari Sulsel Gagas Sekolah Investor Syariah
Samsul Haq saat mempresentasikan gagasannya. (Foto: NU Online/Ridwan)
Samsul Haq saat mempresentasikan gagasannya. (Foto: NU Online/Ridwan)

Makassar, NU Online  

Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Alauddin Makassar Cabang Gowa, Syamsul Haq menjadi salah satu delegasi mewakili Indonesia di Istanbul Youth Summit (IYS) 2021.


Konferensi Tingkat Tinggi Ke-IV IYS diselanggarakan oleh Youth Break the Boundaries (YBB). Program pemuda internasional diikuti ratusan delegasi dari berbagai negara yang berlangsung di Istanbul Turki, 22-25 Maret 2021.


Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah ini mempersembahkan project sosial bertemakan ekonomi dengan berkonsep Sekolah Investor Syariah. Ini digagas oleh grupnya yang beranggotakan 11 orang.


Konsep  ini ditawarkan untuk menimalisir kemiskinan di tengah pandemi Covid-19. Dalam penerapannya mereka memberikan pendidikan literasi keuangan di sebuah sekolah yang menjadi binaannya.


"Memberikan pendidikan literasi keuangan terhadap siswa siswi Sekolah Menengah Atas, dalam hal ini kami membuat semacam sekolah binaan SMA 1 Wonogiri untuk memberikan literasi atau manajemen keuangan di masa pandemi," jelas pria asal Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini di Makassar, Selasa (30/3).


Menurutnya, siswa-siswi itu akan mendapat pendampingan dari mentor sebagai teman berdiskusinya mengenai keuangan. Terkait dengan waktunya itu fleksibel, tergantung kesepakatan dan kesediaan siswa dan mentor.


Selama program ini berlangsung, lanjut alumni As'adiya Sengkang ini, mentor akan membimbing siswa hingga dapat berinvestasi di reksadana. Mentor juga akan memberikan saran terkait dengan kinerja reksadana yang dimiliki oleh siswa yang dibimbingnya.


"Intinya memberikan pengetahuan literasi keuangan kepada siswa bagaimana berinvestasi reksadana, manajemen portofolio, hingga dituntun membuka rekening reksadana," papar pria kelahiran 10 Mei 1998 itu.


Selain itu, konsep project sosial mengagendakan Webiner terkait ekonomi keuangan yang dipaparkan oleh Komunitas Saham Syariah, Indo Premiere Syariah, juga pemilihan duta Investasi syariah, pembentukan komunitas investasi syariah dan olimpiade investasi syariah.


Mahasiswa semester akhir ini mengungkapkan kesyukurannya bisa menjadi salah satu pemuda mewakili Indonesia di kegiatan internasional tersebut. Kebanggaannya dia bisa mewujudkan cita-citanya sebelum menyelesaikan studinya di UIN Alauddin Makassar.


"Akhirnya tercapai juga list goals saya untuk bisa mengikuti pertukaran pemuda sebelum wisuda, dan harapannya sebagai pemuda agar senantiasa untuk selalu bergerak dan membawa perubahan serta anfauhum linnas, bermanfaat bagi sesama," tuturnya.


Kontributor: Ridwan
Editor: Aryudi A Razaq

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya