Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Fatayat NU Kencong Jember Optimalkan Peran Medsos

Fatayat NU Kencong Jember Optimalkan Peran Medsos
Untuk mengisi konten dari berbagai macam medsos dan website, membutuhkan keterampilan. (Foto: NU Online/Aryudi)
Untuk mengisi konten dari berbagai macam medsos dan website, membutuhkan keterampilan. (Foto: NU Online/Aryudi)

Jember, NU Online 
Tak bisa dipungkiri bahwa peranan media massa begitu penting bagi kemajuan sebuah organisasi. Apalagi saat ini perkembangan media sosial (medsos) cukup pesat. Hampir tidak ada orang yang tak mengenal media sosial seperti youtube, whatsapp, facebook, instagram, twitter, dan tiktok. Karena itu, peranan medsos tersebut sangat penting sebagai media penyampai informasi terkait perkembangan sebuah organisasi bagi publik (massa).


"Kegiatan-kegiatan organisasi (Fatayat NU) misalnya, jika tidak ada publikasi di media sosial, website dan sebagainya, nyaris tak menggema, kurang syiarnya," ucap Ketua Fatayat NU Kencong, Kabupaten Jember Jawa Timur, Emy Fatmawati di sela-sela Kopi Darat Tim Media Fatayat NU dan Tim Media Ansor  di sebuah resto di Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Jember, Kamis (1/3).

 

Menurutnya, untuk mengisi konten dari berbagai macam medsos dan website, membutuhkan keterampilan. Sebab, membuat konten tidak bisa disembarangkan, apalagi untuk ‘marketing’ sebuah organisasi. Agar menarik ditonton dan dibaca maka tayangan dan tulisan harus dibuat sedemikian rupa.

 

"Itulah pentingnya kita mengadakan kopi darat ini, agar kader-kader Fatayat bisa memanfaatkan media sosial dengan baik," ungkapnya.

 

Ia menambahkan, saat ini adalah zaman medsos. Kecenderungan masyarakat untuk ber-medsos ria semakin dominan. Seiring dengan itu, media massa berbasis online juga semakin marak. Jika hal tersebut tidak direspon, maka Fatayat akan ketinggalan.

 

"Alhamdulillah, tim Media PC Fatayat NU telah terbentuk. Nanti juga akan disusul dengan pembentukan tim media di ranting dan PAC (Pimpinan Anak Cabang)," jelas Emy.

 

Acara tersebut diisi dengan bimbingan keterampilan membuat berita, cara mengisi konten YouTube, cara berdakwah di medsos, dan sebagainya, oleh tim Media Pengurus Cabang (PC) GP Ansor, Kencong, Kabupaten Jember.

 

Menurut salah seorang tim Media Ansor Cabang Kencong, Taufiq Efendi, kader Fatayat NU dan Ansor sangat perlu tahu seluk beluk medsos. Sebab, hal ini bukan semata-mata terkait dengan ‘marketing’ organisasi tapi  juga untuk mengimbangi propaganda kelompok radikal dan intoleran yang notabene cukup rajin memanfaatkan medsos.

 

"Tiada pilihan lain selain kita harus pandai ber-medsos untuk mengimbangi para buzzer kelompok radikal," ungkapnya.

 

Pewarta:  Aryudi A Razaq 
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya