Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Langkah Ansor Riau Lahirkan Pemimpin Berkarakter dan Berintegritas

Langkah Ansor Riau Lahirkan Pemimpin Berkarakter dan Berintegritas
Ketua PW GP Ansor Provinsi Riau Purwaji berpidato dalam pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) di Komplek Asrama Haji Provinsi Riau. (Foto: Dok. PW Ansor Riau)
Ketua PW GP Ansor Provinsi Riau Purwaji berpidato dalam pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) di Komplek Asrama Haji Provinsi Riau. (Foto: Dok. PW Ansor Riau)

Pekanbaru, NU Online
Sebagai  salah satu Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda (GP) Ansor merupakan wadah dan sarana dalam mempersiapkan lahirnya pemimpin-pemimpin berkualitas dari kalangan generasi muda NU. Diharapkan, mereka siap memperjuangkan dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional.


Untuk mewujudkan hal tersebut, Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Riau menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) selama empat hari, Jumat-Senin, 2-5 April 2021. PKL yang diikuti 68 peserta ini digelar di Komplek Asrama Haji Provinsi Riau, Jalan Mekar Sari, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.


Ketua PW GP Ansor Provinsi Riau Purwaji dalam acara pembukaan mengatakan, PKL yang digelar PW GP Ansor Riau ini diharapkan mampu melahirkan kader-kader ideologis, berkarakter, berintegritas. Suksesnya kegiatan ini, lanjut dia, berkat kerja sama dan komunikasi yang baik dari seluruh kader Ansor di Provinsi Riau. 


“Mudah-mudahan setelah selesai dari Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan di Ansor Provinsi Riau ini benar-benar akan lahir pemimpin-pemimpin berkualitas, berdedikasi, memiliki loyalitas tinggi, tidak cengeng, dan tidak mudah menyerah dengan keadaan,” harap Purwaji, Jumat (2/4) sore.


Kader Ansor yang mengikuti PKL ini nantinya akan digembleng dan ditanamkan lagi nilai-nilai Ke-Ansor-annya. Diharapkan, nantinya lahir pemimpin-pemimpin dari Ansor yang bisa mengayomi lebih kurang 10 ribu kader Ansor dan Banser di seluruh kabupaten di Riau.


Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting, menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan PKL dengan harapan program-program GP Ansor Provinsi Riau dapat terlaksana dengan baik. 


“Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan ini menjadi salah satu langkah strategis bagi kita dalam menghadapi perkembangan arus teknologi di era globalisasi atau era digital 4.0. PKL ini juga merupakan upaya kader-kader Ansor untuk meningkatkan wawasan kebangsaan guna melahirkan pemimpin-pemimpin yang bisa menjawab tantangan zaman,” tandas Jenri.


PW GP Ansor Riau dalam acara tersebut juga memberikan penghargaan kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi dan Gubernur Riau Syamsuar atas kerja kerasnya mewujudkan Riau bebas asap di tahun 2020.


Selain dihadiri Asisten I Setdaprov Riau dan Kapolda Riau, pembukaan PKL juga dihadiri Guru Besar UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau Prof Dr Khairunnas Rajab, Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin, perwakilan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), utusan Persatuan Gereja Indonesia (PGI), dan para Ketua PC GP Ansor se-Provinsi Riau.


Kontributor: M. Owen Maulana
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya