Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Habib Nizar bin Yahya Kenang Abuya Uci Ulama yang Supel dan Ramah

Habib Nizar bin Yahya Kenang Abuya Uci Ulama yang Supel dan Ramah
Abuya Uci (Foto: istimewa)
Abuya Uci (Foto: istimewa)

Bekasi, NU Online  
Pengurus Aswaja NU Center Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Habib Nizar bin Yahya menyebut KH Uci Turtusi atau yang akrab disapa Abah Uci sebagai ulama yang supel, humble (ramah), dan mudah bergaul dengan berbagai kalangan mana pun. 


Habib Nizar mengisahkan awal mula pertemuan dengan Abah Uci atas perintah pamannya Habib Lutfi bin Yahya. "Saya mulai dekat dengan Abah Uci berkah dawuh Habib Luthfi. Pada tahun 2018 saya diminta Habib Luthfi supaya sering-sering main ke Abah Uci, beliau orang baik," tutur Habib Nizar melalui pesan singkat, Selasa (6/4).


"Tidak hanya itu, saya diminta Habib Luthfi untuk belajar kepada Abah Uci yang dikenal memiliki ilmu luas dan ahlak bagus. Atas amanat Habib Luthfi-lah dalam sebulan saya bisa 2-3 kali sowan ke Abah Uci," ungkap Habib muda yang berasal dari Jawa Tengah itu.


Kemudian, Habib Nizar yang saat ini berdomisili di Bekasi itu menuturkan pengalamannya bertemu Abah Uci lewat mimpi tentang tanah yang akan diperluas untuk mendirikan majelisnya.

 

"Salah satu pengalaman saya sendiri dari mimpi yang menjadi kenyataan adalah tentang tanah sebelah majelis. Awal mula  majelis sedang direnovasi saya mimpi ada Habib Lutfi dan Abah Uci di teras majelis sedang ngobrol berdua setelah itu Abah Uci memanggil saya dan mengajak ke tanah kosong sebelah majelis. Lalu, Abah Uci mengambil tanah tersebut dan diberikan kepada saya dan berkata insyaallah ke beli bib," beber Habib Nizar.


"Alhamdulillah, berawal dari mimpi pada akhir Juli 2020 itu-lah April kemarin tanah sebelah majelis kebeli," tambahnya.

 

"Abah Uci pernah berpesan kepada saya supaya majelis yang saya rintis tetap berjalan agar ada regenerasi ulama atau kiai. Menurut Abah Uci kalau pejabat belum meninggal sudah banyak yang mau menggantikan, tetapi kalau ulama yang meninggal belum tentu ada penggantinya," ujar Habib Nizar yang juga pimpinan Majelis Darul Hasyimi, Tambun Utara, Bekasi. 

 

Sebelumnya diberitakan Abuya Uci wafat pada Selasa (6/4) pagi pukul 06.00. Abuya Uci adalah salah satu sahabat dekat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Selain itu Abuya Uci juga dekat dengan Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan. 

 

Kontributor: Suci Amaliyah 
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Obituari Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya