Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
MUKTAMAR PEMIKIRAN DOSEN PMII

Muktamar Dosen PMII Tingkatkan Publikasi Ilmiah

Muktamar Dosen PMII Tingkatkan Publikasi Ilmiah
Call for Paper ini adalah bentuk korelasi Muktamar dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian, sehingga nantinya menumbuhkan semangat keilmuan para dosen khususnya di bidang publikasi ilmiah.
Call for Paper ini adalah bentuk korelasi Muktamar dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian, sehingga nantinya menumbuhkan semangat keilmuan para dosen khususnya di bidang publikasi ilmiah.

Tulungagung, NU Online
Berbagai rangkaian agenda dilakukan dalam rangka menyemarakkan Muktamar Pemikiran Dosen PMII yang bertema SDM Unggul Dosen PMII Menuju Indonesia Emas. Berlangsung di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 5-7 April 2021, agenda-agenda tersebut mulai dari kegiatan doa dan istighosah, sharing session Pra-Muktamar, hingga Call for Paper.


Call for Paper digelar dalam rangka meningkatkan produktivitas karya dosen khususnya alumni PMII. Dengan tema Reposisi Budaya Intelektual: Upaya Pergerakan untuk Meneguhkan Transformasi Nilai-Nilai Islam di Indonesia, Call for Paper tersebut menentukan sub tema yang dapat dipilih oleh para calon penulis yaitu Islamic Studies, Social Science, Humaniora and Islamic Law, Economic and Development, Education, Technology and Science.

 

Penanggung jawab Call for Paper, Arifah Millati menyebutkan, selain sebagai bentuk sinergi antara kegiatan muktamar dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan itu dilaksanakan untuk menumbuhkan ghirah akademik sesuai dengan keilmuannya di bidang masing-masing.

 

"Call for Paper ini adalah bentuk korelasi Muktamar dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian, sehingga nantinya menumbuhkan semangat keilmuan para dosen khususnya di bidang publikasi ilmiah," kata Arifah yang juga dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

 

Animo para dosen alumni PMII untuk mengikuti Call for Paper tersebut sangatlah tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya para peserta yang ikut mendaftarkan diri untuk menyemarakkan muktamar pemikiran dosen PMII yang pertama kali dilakukan itu.

 

"Kurang lebih ada 144 peserta dosen alumni PMII dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia yang berhasil submit dalam Call for Paper ini, kemudian kami review sehingga menjadi 122 peserta yang lolos untuk diminta full paper-nya," ungkap Arifah.

 

Dalam proses pelaksanaannya, diketahui para panitia mengundang segenap dosen alumni PMII seluruh Indonesia melalui media sosial secara massif untuk berpartisipasi dalam ajang kepenulisan ilmiah tersebut. Para peserta diperkenankan mengirimkan tulisan abstrak untuk di-review. Setelah itu, para peserta yang tulisannya dinilai layak oleh reviewer, akan diminta untuk menulis full paper-nya.

 

"Para peserta yang lolos review tahapan full paper diharuskan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya masing-masing, empat peserta terbaik kami undang untuk presentasi di lokasi muktamar, sedangkan lainnya dilakukan presentasi secara offline," ungkap Arifah.

 

Pergelaran Call for Paper tersebut menjadi bukti bahwasanya muktamar ini adalah wujud integrasi keilmuan yang ada di lingkungan dosen alumni PMII seluruh Indonesia. Selain itu, juga merupakan bagian dari semangat idealitas intelektual dalam menyongsong mewujudkan Indonesia emas 2045.

 

Diketahui juga sebelumnya, jadwal pelaksanaan Call for Paper tersebut telah dimulai sejak 25 Februari-15 Maret 2021untuk pengumpulan abstrak. Sedangkan pengumuman abstrak yang dinyatakan lolos yaitu pada 20 Maret 2021, hingga pengumpulan full paper 1 April 2021.

 

Adapun naskah terbaik Call for Paper Muktamar Pemikiran Dosen PMII tersebut akan dipublikasikan ke jurnal Scopus, yaitu layanan indeksasi dan penyedia database jurnal terbesar yang ada saat ini.
 


Kontributor: M Irwan Zamroni Ali
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online