Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Masyarakat Banyuwangi Sambut Baik LAZISNU Mobile

Masyarakat Banyuwangi Sambut Baik LAZISNU Mobile
Para Pengurus NU dan LAZISNU Banyuwangi saat peluncuran Lazisnu Mobile. (Foto: NU Online/Imron)
Para Pengurus NU dan LAZISNU Banyuwangi saat peluncuran Lazisnu Mobile. (Foto: NU Online/Imron)

Banyuwangi, NU Online
LAZISNU Mobile Banyuwangi yang diluncurkan lima hari lalu, mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat, terutama pengurus Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), baik di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) maupun Ranting NU. Mereka memanfaatkan betul aplikasi tersebut baik untuk kegiatan yang terkait dengan LAZISNU maupun transaksi kebutuhan sehari-hari.


“Sudah banyak yang masuk laporannya ke kami. LAZISNU  mempunyai tim IT (Information technology) yang khusus menangani layanan LAZISNU Mobile,” ungkap Ketua Pengurus Cabang (PC) LAZISNU Banyuwangi, Jawa Timur, H Imron Rosyadi di Banyuwangi, Kamis (8/4).


Ahad (4/4) lalu, PC LAZISNU Banyuwangi meluncurkan LAZISNU Mobile di sela-sela Konsolidasi Akbar LAZISNU di Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. Peluncuran LAZISNU Mobile ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua PCNU Banyuwangi, Muhammad Arif Fauzi.


Menurut H Imron, aplikasi LAZISNU Mobile memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah untuk transaksi penyetoran zakat, infaq dan sebagainya, membeli pulsa, token listrik, dan laporan kegiatan. Aplikasi tersebut, katanya, untuk memudahkan pengurus LAZISNU di semua tingkatan dalam menerima dan mengelola zakat, infaq dan sejenisnya dari masyarakat.


“Aplikasi LAZISNU Mobile juga dibutuhkan untuk memudahkan kita semua dalam bekerja melayani masyarakat, khususnya terkait dengan zakat,” urainya.


Dikatakan H Imron, pihaknya sudah lama menginginkan adanya sistem pelaporan dan penerimaan zakat berbasis digital. Sebab, saat ini adalah zaman digital yang menjadi kecenderungan masyarakat dalam beraktivitas dan melakukan transaksi. Sehingga diharapkan muzakki (wajib zakat) lebih semangat menunaikan kewajibannya.


Alhamdulillah, saat ini baru terpenuhi, semoga kita pengurus LAZISNU tambah semangat juga,” harapnya.


Sementara itu, Ketua Unit Pengelola Zakat, Infak, Sedekah (UPZIS) MWCNU Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Efa Suudah mengatakan LAZISNU Mobile cukup membantu kelancaran masuk-keluarnya zakat dari masyarakat, sehingga ke depan LAZISNU bisa lebih maksimal dalam membantu para muzakki dan mustahik (penerima zakat).


“Aplikasi LAZISNU Mobile cukup memudahkan muzakki, khususnya. Kalau mustahik tetap harus kita datangi,” jelasnya.


Ketua UPZIS Ranting NU Pakis, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, H Imam Sadali menegaskan, aplikasi LAZISNU Mobile cukup membantu dirinya dalam menunaikan tugas ke-LAZISNU-an.


“Cuma masalahnya mungkin adalah kendala sinyal untuk desa-desa terpencil,” ungkapnya.


Pewarta:  Aryudi A Razaq
Editor: Muhammad Faizin

Posisi Bawah | Youtube NU Online