Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU-IPPNU di Lampung Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran

IPNU-IPPNU di Lampung Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran
Penyaluran bantuan oleh IPNU-IPPNU Pesisir Barat, Lampung. (Foto: NU Online/Saidi Fatah)
Penyaluran bantuan oleh IPNU-IPPNU Pesisir Barat, Lampung. (Foto: NU Online/Saidi Fatah)

Pesisir Barat, NUOnline

Setidaknya ada sepuluh rumah warga Dusun Pekon Penggawa V Ulu, Desa Pekon Balak, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, pada Sabtu (20/3) hangus. Kerugian diperkirakan mencapai Rp2M tersebut mengetuk hati sejumlah kalangan untuk terus melakukan penggalangan dana.

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pesisir Barat menyalurkan bantuan. Kali ini dengan menggandeng Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Pesisir Barat (HMPPB) yang dilakukakn Kamis (8/4). Yang diberikan adalah uang tunai, pakaian layak, perlengkapan rumah tangga, serta beras. Seluruh bantuan disalurkan ke posko peduli bencana serta kepada salah satu korban yang berstatus janda.

“Bantuan yang diberikan memang tidak seberapa. Namun, dengan harapan dapat membantu meringankan beban terdampak dan membangun sikap optimis para korban,” kata Azmi Arif.

Ketua PC IPNU Pesisir Barat tersebut berharap para korban terdampak diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan, dan kembali bersemangat menjalani kehidupan.
 

Lebih lanjut ia menjelaskan, penyaluran bantuan yang diberikan IPNU-IPPNU merupakan kedua kalinya. Bantuan kedua ini berupa uang tunai, paket lengkap peralatan rumah tangga, peralatan sekolah, pakaian layak, serta beras.

 

Bantuan sebagian disetorkan ke posko dan sebagian diberikan langsung ke salah satu korban yang sudah hampir 13 tahun menjanda, dengan tanggungan 4 orang anak yang masih berproses dalam pendidikan.

"Semua korban membutuhkan uluran tangan para dermawan. Namun kita melihat Ibu Nuraeni ini lebih membutuhkan, mengingat seorang diri dalam menafkahi anak-anaknya yang sedang bersekolah. Karenanya, sebagian disalurkan langsung kepada Ibu Nuraeini," jelas Azmi.


Senada dengan Azmi, Ketua HMPPB Fahmi Hasan turut menyemangati korban. Dirinya mengajak warga tetap optimis dan yakin bahwa Tuhan akan memberikan yang baik di balik musibah.

Selain itu dijelaskan, usai peristiwa kebakaran, HMPPB telah bergerak melakukan penggalangan dana melalui semua sosial media yang dimiliki. Demikian pula turun lapangan mengumpulkan donasi dari masyarakat di Kota Bandar Lampung, dan Krui.

"Alhamdulillah, masyarakat menerima kehadiran kami dan turut membantu," ujarnya.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan dapur dan rumah tangga, serta sembako. Selain itu juga ada beberapa bantuan dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Semuan disalurkan melalui HMPPB.

Sementara itu, Kepala Desa Pekon Balak, Kecamatan Karya Penggawa, Nizam Wanir mengapreasiasi uluran tangan yang diberikan masyarakat melalui IPNU-IPPNU dan HMPPB Kabupaten Pesisir Barat.

"Kami sangat mengapresiasi atas apa yang diberikan, semoga para dermawan selalu Allah beri kemudahan dan dilancarkan rezekinya," katanya.
 

Penulis: Disisi Saidi Fatah
​​​​​​​Editor: Ibnu Nawawi

Posisi Bawah | Youtube NU Online