Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Khidmah Muslimat NU Riau, Bagikan Santunan dan Perkuat UMKM

Khidmah Muslimat NU Riau, Bagikan Santunan dan Perkuat UMKM
Ketua PW Muslimat NU. Hj. Dinawati dan Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy dan pengurus NU Riau saat menghadiri acara Harlah ke-75 Muslimat NU. (Foto: NU Online/Owen)
Ketua PW Muslimat NU. Hj. Dinawati dan Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy dan pengurus NU Riau saat menghadiri acara Harlah ke-75 Muslimat NU. (Foto: NU Online/Owen)

Pekanbaru, NU Online
Pimpinan  Wilayah (PW) Muslimat NU Provinsi Riau menggelar doa bersama dan memberikan santunan untuk duafa, anak yatim, serta membantu pelaku  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak Covid-19 di halaman kantor PWNU Riau, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Riau, Kamis (8/4). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-75 Muslimat NU sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.


Ketua PW Muslimat NU. Hj. Dinawati mengatakan, sesuai tema yang diangkat pada Harlah ke-75 Muslimat NU, maka seluruh warga Muslimat NU di setiap tingkatan diharapkan punya semangat dalam berkontribusi mengurus organisasi Muslimat NU.


“Tema yang diangkat pada Harlah ke-75 Muslimat NU ini adalah Khidmah Muslimat NU untuk Indonesia Berdaulat dan Sejahtera. Dengan tema tersebut, maka seluruh warga Muslimat di seluruh wilayah, kabupaten, kecamatan, kelurahan hingga tingkat RW sekalipun harus semangat dan memiliki ruh perjuangan dalam mengurusi organisasi Muslimat NU,” ujar Dinawati.


Untuk mencapai kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat, Muslimat NU sendiri memiliki lima yayasan. Yaitu Yayasan Pendidikan Muslimat NU (YPMNU) yang bergerak di bidang pendidikan, Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKMNU) yang mengelola layanan kesehatan dan sosial, Yayasan Haji Muslimat NU (YHMNU) yang fokus memberikan bimbingan haji di lingkungan Muslimat NU, Yayasan Himpunan Daiyah Majelis Taklim yang menanungi puluhan ribu majelis taklim di lingkungan Muslimat NU dan koperasi Annisa yang ada di setiap kabupaten dan kota.


Dalam sambutannya, Gubernur Riau yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah, Masrul Kasmy mengatakan, kegiatan doa bersama dan santunan oleh PW Muslimat NU Riau merupakan bentuk semangat dan sinergitas untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.


“Kita mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Muslimat NU, terutama dalam membantu masyarakat lewat santunan ini. Ini momentum kita untuk berbagi. Banyak masyarakat kita yang pemasukannya berkurang akibat pandemi Covid-19, sehingga hadirnya Muslimat NU diharapkan bisa bahu membahu meringankan beban saudara-saudara kita melalui program-programnya yang luar biasa,” jelas Masrul.


Mantan Wakil Bupati Kepulauan Meranti itu juga mengatakan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Muslimat NU merupakan upaya yang baik dalam memberikan penguatan ekonomi di tengah-tengah masyarakat, terlebih di situasi pandemi Covid-19.


“Karena ibu-ibu ini merupakan kekuatan negara dalam mengembangkan daerah, untuk itu saya mengajak ibu-ibu Muslimat NU untuk terus berjuang. Kami juga berharap, program-program pemerintah dalam upaya penguatan ekonomi bisa didukung dan disinergikan dengan program-program Muslimat NU nantinya,” tutup Masrul.


Selain dihadiri Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy, hadir juga pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Riau Ade Hartati, Perwakilan Kementerian Desa Provinsi Riau, Perwakilan Bkkbn Provinsi Riau, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, perwakilan Kementerian Agama Provinsi Riau, perwakilan Dinas Koperasi Provinsi Riau, penasihat Muslimat NU, Aisyiyah dan GP Ansor Provinsi Riau.


Kontributor: M. Owen Maulana
Editor: Aryudi A Razaq

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya