Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Kepala BRGM Dorong Pejabat Tingkatkan Pelayanan Optimal

Kepala BRGM Dorong Pejabat Tingkatkan Pelayanan Optimal
Hartono optimistis, komposisi pejabat ini mampu mengakselerasi pelaksanaan tugas BRGM. Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural, BRGM adalah organisasi hibrid, berorientasi pada capaian tugas. Karena itu diperlukan budaya kerja yang berbeda. (Foto: BRGM)
Hartono optimistis, komposisi pejabat ini mampu mengakselerasi pelaksanaan tugas BRGM. Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural, BRGM adalah organisasi hibrid, berorientasi pada capaian tugas. Karena itu diperlukan budaya kerja yang berbeda. (Foto: BRGM)

Jakarta, NU Online
Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI, Ir Hartono, mendorong para pejabat eselon mampu meningkatkan pelayanan cerdas berbasis pelayanan. Menurut mantan Sekretaris BRG tersebut, pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan publik yang baik. 

 

Hartono menerangkan, tugas yang dijalankan BRGM sangat berat namun tidak boleh dijadikan beban. Semuanya adalah tantangan yang ringan untuk dihadapi. Hartono meminta kepada semua pejabat untuk bekerja dengan cara yang tidak biasa. Untuk mewujudkannya, diperlukan kreatifitas dan ketepatan. 

 

"Galang semua potensi masyarakat untuk ikut serta mempercepat restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove. Selain itu, konsolidasikan capaian restorasi gambut, integrasikan kerja restorasi yang telah dilaksanakan penanggung jawab usaha dengan restorasi yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Sudah bukan saatnya kita bekerja sendiri, namun perlu menggalang kerja sama dengan berbagai pihak dengan baik," kata Hartono, disampaikan saat melantik 5 pejabat eselon 1 di lingkungan BRGM, Jumat (9/4). 

 

Selain itu, Hartono menegaskan bahwa berdasarkan Perpres nomor 120 tahun 2020, struktur BRGM terdiri dari Sekretaris Badan, Deputi Bidang Perencanaan dan Evaluasi, Deputi Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan, Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan serta Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat. 

 

"Atas dasar aturan tersebut kami melakukan seleksi yang ketat untuk memilih para pejabat yang pantas mengisi kekosongan struktur BRGM," tutur Hartono. 

 

Setelah itu, lanjutnya, terpilihlah Dr Ir Ayu Dewi Utari sebagai Sekretaris BRGM, Profesor Dr Ir Satyawan Pudyatmoko, MAgr Sc sebagai Deputi Perencanaan dan Evaluasi, Dr Ir Tris Raditian M M sebagai Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan, Dr Myrna A Safitri SH M Si sebagai Deputi Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan dan Ir Gatot Soebiantoro MSc sebagai Deputi Pemberdayaan Masyarakat.

 

"Mereka yang dilantik adalah orang-orang yang mempunyai pengalaman relevan dengan tugas yang akan diembannya," ujar Hartono. 


Hartono optimistis, komposisi pejabat ini mampu mengakselerasi pelaksanaan tugas BRGM. Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural, BRGM adalah organisasi hibrid, berorientasi pada capaian tugas. Karena itu diperlukan budaya kerja yang berbeda. 

 

"Kunci keberlanjutan kinerja  restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove adalah partispasi masyarakat yang didorong oleh kemanfaatan gambut dan mangrove yang terkelola dengan baik”, demikian pungkas Hartono. Selamat kepada para pejabat yang dilantik,” tutupnya.

 

Untuk diketahui, Sekretaris BRGM, Ayu Dewi Utari adalah rimbawan dan birokrat karir Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Perencanaan. Sementara Deputi Pemberdayaan Masyarakat Gatot Soebiantoro adalah pejabat di KLHK, dengan jabatan terakhir Kepala Pusat Keteknikan. 

 

Kemudian, Deputi Perencanaan dan Evaluasi, Satyawan, pernah menjadi Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan Tris Raditian sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah 1 Kementerian PUPR. 

 

Lalu, Myrna A Safitri merupakan pejabat lama di BRGM yakni Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG sejak 2016. Ia juga dosen di Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya