Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU-IPPNU Hulu Sungai Utara Isi Ramadhan dengan Tadarus Online

IPNU-IPPNU Hulu Sungai Utara Isi Ramadhan dengan Tadarus Online
Poster tadarus online IPNU-IPPNU Hulu Sungai Utara. (Foto: Istimewa)
Poster tadarus online IPNU-IPPNU Hulu Sungai Utara. (Foto: Istimewa)
Hulu Sungai Utara, NU Online
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan mengisi bulan Ramadhan dengan tadarus online melalui media sosial, Rabu (14/4) siang.
 
Wakil Ketua IPNU Kabupaten HSU, Mulyadi mengatakan, kegiatan dengan tajuk One Day One Juz ini bertujuan selain meningkatkan bacaan Al-Qur’an juga untuk menambah kecintaan terhadap Al-Qur’an. Di samping itu tentu mempererat tali persaudaraan dalam berorganisasi.
 
“Kegiatan digelar setiap hari selama Ramadhan selepas shalat zuhur waktu setempat,” katanya saat dihubungi NU Online melalui telepon.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan pahala ibadah umat Islam dilipatgandakan oleh Allah SWT. Karenanya, dirinya dan pengurus IPNU-IPPNU yang lainnya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan tidak melakukan apa-apa.
 
Tadarus online yang diselenggarakan oleh IPNU-IPPNU menurutnya adalah salah satu ibadah yang memang dianjurkan di bulan Ramadhan. Lebih-lebih di bulan ini Al-Qur'an diturunkan.
 
“Oleh karena itu mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik mungkin dengan mengisi hari-harinya dengan ibadah-ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan,” ujarnya.
 
Sementara Ketua IPPNU, Siti Rezka Febriana mengungkapkan, masa pandemi Covid-19 tidak boleh membuat kreativitas pengurus IPNU-IPPNU menjadi buntu. Justru harus kaya inovasi-inovasi agar bisa menghidupkan bulan Ramadhan ini dengan aneka ibadah. 
 
“Kader IPPNU dan IPNU agar dapat terus bersama-sama dalam berkegiatan apapun itu, terlebih saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19 sedikit terbatas dalam beraktivitas,” ungkapnya.
 
Ia mengapresiasi tadarus online ini. Menurutnya, hal itu adalah salah satu bentuk kreativitas yang perlu terus dilakukan dengan istikamah. Tidak hanya di bulan Ramadhan, tetapi juga di bulan-bulan yang lainnya.
 
"Kader-kader IPNU dan IPPNU agar tertap konsisten dalam menjalankan kegiatan ini, tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Namun, di bulan-bulan lain juga agar tetap nderes Al-Qur’an,” ucapnya.
 
Ia berharap, tadarus yang dilakukan lewat media sosial itu dapat menginspirasi khalayak untuk turut mengaji lebih giat lagi. "Kita harus mengambil momen ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya," harapnya. 
 
Kontributor: Novei Ahdiyat
Editor: Syamsul Arifin
Posisi Bawah | Youtube NU Online