Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Semarak Ramadhan di Masjid Agung Demak Patuhi Prokes

Semarak Ramadhan di Masjid Agung Demak Patuhi Prokes
Masjid Agung Demak menggelar semarak Ramadhan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Foto: Syamsul Ma'arif)
Masjid Agung Demak menggelar semarak Ramadhan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Foto: Syamsul Ma'arif)

Demak, NU Online

Masjid Agung Demak (MAD), Jawa Tengah menyemarakkan berbagai kegiatan di bulan suci Ramadhan 1442 H dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

 

"SOP bagi para jamaah menjadi perhatian kami guna mencegah penularan Covid-19, mulai dari wajib memakai masker, disemprotkan handsanitiser oleh petugas dan semua lingkungan masjid juga sudah disterilkan dengan disenfektan," urai Ketua Takmir Masjid Agung Demak, KH Abdullah Syifa' saat dihubungi NU Online, Rabu (14/4).

 

Ia mengatakan, untuk kegiatan shalat tarawih tetap berjalan seperti biasanya yakni sebanyak 23 rakaat dan setiap harinya mengkhatamkan 1 juz dengan imam yang khafid, dan tetap menjaga jarak shaf.

 

"Namun ada yang beda, untuk kegiatan pembagian sahur di bulan Ramadhan tahun ini kami tiadakan dulu, meski sudah banyak tawaran dari donatur. Tak lain untuk meminimalisir terjadinya kerumunan," imbuhnya.

 

Meski demikian beberapa kegiatan amaliah rutin yang biasanya diselenggarakan Masjid Agung Demak tetap berjalan dengan lancar seperti shalat maktubah, kultum setelah subuh, tadarus Al-Qur'an setelah shalat tarawih. Kemudian juga ada khataman Al-Qur'an, tadarus Al-Qur'an setelah dhuhur untuk jam'iyah ibu-ibu, pengajian setelah asar sampai menjelang maghrib.

 

"Hingga bagi-bagi takjil pun tetap kami lakukan, namun jumlahnya terbatas hanya dikhususkan untuk para jamaah yang mengikuti pengajian saja," tuturnya.

 

Pihaknya menambahkan, nantinya ketika sudah memasuki tanggal 17 Ramadhan juga diadakan shalat sunah tasbih pagi hari. Begitu juga pada tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan juga diadakan shalat sunah tasbih atau i'tikaf untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

 

"Untuk penyaluran zakat tetap kami adakan. Semoga Ramadhan tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan pandemi segera berlalu hingga para jamaah bisa beri'tikaf dengan khidmah dan khusyuk," harapnya.

 

Adapun jadwal pengajian Ramadhan di Masjid Agung Demak Tahun 1442 H/2021 M adalah,

Pertama, pengajian setiap bakda Ashar pukul 15.30-17.25 WIB dengan pengampu dan materi
- Tanggal 1-15 Ramadhan, KH Abdul Aziz Musyafa' Ngaji Tafsir Al-Ibriz dan KH Muhammad Asyiq Ngaji Hadis Nabi
- Tanggal 16 - 29 Ramadhan, KH Abdul Rosyid Ngaji Fiqih Ubudiyah dan KH Ali Hamdan Ngaji Tafsir Al-Qur'an.

 

Kedua, kuliah selesai Subuh dengan pengampu KH Muhammad Asyiq Ngaji Tasawuf tanggal 1-4 Ramadhan, KH Abdul Fatah Ngaji Tafsir tanggal 5-8 Ramadhan, KH Abdullah Syifa' Ngaji Akhlaq tanggal 9-12 Ramadhan, KH Abdul Aziz Musyafa Ngaji Tauhid tanggal 13-16 Ramadhan.

 

Kemudian, KH Abdurrahman Kasdi Ngaji Fiqih tanggal 17-20 Ramadhan, KH Abdullah Zaini Ngaji Hadits tanggal 21-24 Ramadhan, KH Munawar Sujud Ngaji Hadits tanggal 25-27 Ramadhan, KH Ahmad Mualimin AH Ngaji Tafsir tanggal 28-29 Ramadhan.

 

Takmir Masjid juga menyiapkan petugas cadangan yaitu KH Muhammad Ihsan dan KH Abdullah Makhali.

 

Kontributor: Syamsul Ma'arif
Editor: Kendi Setiawan

 

Posisi Bawah | Youtube NU Online