Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Mesir Tawarkan Jalan Tengah bagi Perdamaian Palestina dan Israel

Mesir Tawarkan Jalan Tengah bagi Perdamaian Palestina dan Israel
Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi mengatakan bahwa negaranya mendorong pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel.
Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi mengatakan bahwa negaranya mendorong pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel.

Jakarta, NU Online

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan bahwa negaranya mendorong pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel. Dalam wawancara dengan harian Jerman Die Welt, al-Sisi mengatakan bahwa berdampingannya negara Palestina dengan Israel akan menjamin keamanan warga Israel, tidak hanya warga Palestina.


"Kami selalu memberi tahu pihak Israel bahwa perjuangan Palestina adalah yang utama, dan setelah itu Israel dapat membahas masalah lain," kata Al-Sisi, Sabtu kemarin.


Dia menambahkan bahwa Mesir sedang bekerja untuk mendukung solusi nyata untuk terjadi kompromi tentang Palestina.

 


Awal 2021 lalu, para menteri luar negeri dari Mesir, Yordania, Prancis, dan Jerman bertemu di Kairo. Pertemuan itu dilakukan dalam upaya untuk menghidupkan kembali pembicaraan Israel-Palestina yang terhenti sejak 2014.


Dalam sebuah pernyataan bersama, kuartet itu membahas langkah-langkah potensial untuk memajukan Proses Perdamaian Timur Tengah dan bekerja untuk meluncurkan kembali proses perdamaian yang kredibel antara Palestina dan Israel.

 


Palestina menginginkan sebagai negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.


Permukiman Israel di Tepi Barat telah terjadi sejak negara Yahudi menduduki wilayah itu pada1967 silam. Ini dipercepat di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan selama pemerintahan mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang pro-Israel.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Muchlishon

Posisi Bawah | Youtube NU Online