Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU Hulu Sungai Selatan Gelar Pesantren Ramadhan

IPNU Hulu Sungai Selatan Gelar Pesantren Ramadhan
“Kegiatan ini sangat penting guna mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif bagi pelajar untuk memperdalam ilmu agama, khususnya tentang  Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja)  An-Nahdhiyah.”
“Kegiatan ini sangat penting guna mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif bagi pelajar untuk memperdalam ilmu agama, khususnya tentang  Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja)  An-Nahdhiyah.”

Hulu Sunai Selatan, NU Online

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan, M Diny Mahdany, berharap IPNU ke depan agar bisa menjadi garda terdepan dalam mengawal muda-mudi untuk memperdalam Ilmu agama, dan berakhlak mulia.


Ia menyampaikan, IPNU harus menjadi badan otonom Nahdlatul Ulama yang mewadahi pelajar-pelajar untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi mereka dengan landasan aqidah  Ahlussunah wal Jamaah.


Hal tersebut dikatakan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan, M. Diny Mahdany dalam kegiatan Pesantren Ramadhan sekaligus Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) yang digelar di Masjid Taqwa Kandangan, HSS, Senin, (26/4).


“Muslim milenial saat ini benar-benar dalam tantangan modernitas, tentunya harus ada proses edukasi kepada pemuda-pemuda untuk menjadikan anak muda berilmu dan berakhlak, pemuda-pemuda yang matang secara intelektual dan spiritual,” kata ustadz Diny dalam kegiatan yang bertema Muslim Milenial, Intelektual dan Berpotensial.


Menurutnya, dengan landasan keimanan yang kuat akan tergali berbagai macam potensi, minat dan bakat di berbagai bidang untuk masa depan yang lebih cerah.


Lebih lanjut ia mengatakan, “Kegiatan ini sangat penting guna mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif bagi pelajar untuk memperdalam ilmu agama, khususnya tentang  Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja)  An-Nahdhiyah,” katanya.


“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik walaupun di tengah kondisi pandemi covid-19, giat ini dilaksanakan dengan protokol keseharan yang ketat, dari jumlah pesertanya pun dibatasi sesuai dengan arahan dari tim gugus tugas,” tuturnya.


Kegiatan ini terselenggara atas hasil kerja sama antara IPNU Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Angkatan Muda Masjid Taqwa Kandangan Kabupaten HSS. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu pekan dari tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021 dengan peserta sebanyak 70 orang.


Ketua Umum Angkatan Muda Masjid Taqwa Kandangan Rajul Rajabi mengatakan, pesantren Ramadhan ini memang agenda dari yayasan masjid Agung Taqwa Kandangan yang dilaksanakan oleh Angkatan Muda Masjid Agung Taqwa Kandangan.


“Setiap tahunnya kami selalu mengadakan pesantren Ramadhan di masjid taqwa ini, hanya saja tahun kemarin tidak dapat mengadakannya karena adanya wabah covid-19. Alhamdulillah tahun ini dapat kami laksanakan kembali dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” kata Rajabi.


“Apalagi tahun ini kami dapat bekerja sama dengan IPNU Kabupaten HSS dan menjadikan pesantren Ramadhan tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu adanya Makesta IPNU,” katanya.


Target yang ingin dicapai dari giat ini adalah menjadikan muslim milenial, intelektual, berpotensial dan paham akan Ahlussunnah wal Jamaah sesuai dengan tema kegiatan ini, kata Rajul. 


Ia berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan ini menjadikan ladang ilmu bagi kita semua karena melihat pembelajaran yang ada di pesantren Ramadhan. Makesta ini sangat penting untuk dipelajari apalagi untuk generasi muda seperti kita-kita ini.


Dengan mengikuti kegiatan di bulan Ramadhan ini, peserta diharapkan agar peserta dapat mengenal apa itu IPNU dan lebih menambah wawasan tentang ke-NUan, kata Rajul.


Kontributor: Novei Ahdiyat
Editor: Alhafiz Kurniawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online