Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Care-LAZISNU Perkuat Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Cilacap

NU Care-LAZISNU Perkuat Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Cilacap
Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap Wasbah Samudra Fawaid (kanan) dan Direktur Politeknik Negeri Cilacap Aris Tjahyanto, Selasa (27/4) di Politeknik Negeri Cilacap (PNC), Jawa Tengah, Selasa (27/4). (Foto: NU Care Cilacap)
Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap Wasbah Samudra Fawaid (kanan) dan Direktur Politeknik Negeri Cilacap Aris Tjahyanto, Selasa (27/4) di Politeknik Negeri Cilacap (PNC), Jawa Tengah, Selasa (27/4). (Foto: NU Care Cilacap)

Cilacap, NU Online
Peran strategis NU Care-LAZISNU Cilacap, Jawa Tengah dalam pengabdian kepada masyarakat semakin nyata di bulan suci Ramadhan ini. Tak berhenti dengan berbagai kegiatan sosial yang terangkum dalam program Ramadhan Bangkit Bersama, NU Care-LAZISNU Cilacap menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Cilacap.

 

Kesepakatan kerja sama kedua belah pihak ini tertuang dalam penandatangan nota kesepahaman yang ditandatangani Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap Wasbah Samudra Fawaid dan Direktur Politeknik Negeri Cilacap Aris Tjahyanto, Selasa (27/4) di Politeknik Negeri Cilacap (PNC), Jawa Tengah.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap, Wasbah Samudra Fawaid berharap penandatanganan kesepakatan ini akan menjadi titik awal bagaimana partisipasi akademisi kepada masyarakat.

 

"Kami  NU Care-LAZISNU Cilacap punya kewajiban menyalurkan dana dan membuat program untuk masyarakat sehingga masyarakat merasakan manfaatnya," terang Wasabah Samudra. 
 

Pihaknya menambahkan bahwa NU Care-LAZISNU Cilacap saat ini telah bergerak di 22 kecamatan dan menjangkau sekitar 251 desa. Dengan adanya kerja sama dengan Politeknik Negeri Cilacap, menurutnya akan menjadi angin segar bagi LAZISNU Cilacap dalam menjalankan beragam program.


"Kami minta dukungan dari Politeknik Negeri Cilacap (PNC). Syukur ada partisipasi lebih dari beberapa potensi yang ada di PNC terutama sumber daya manusianya dalam program kemasyarakatan, Selain itu bagi staf atau karyawan Politeknik juga diharapkan ikut berpartisipasi untuk menyalurkan zakatnya melalui LAZISNU. Untuk itu silhkan bagi civitas akademika PNC yang telah mencapai nishab bisa menyalurkan zakatnya melalui LAZISNU Cilacap," lanjut Wasbah. 


Dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal yang menjadi pembicaraan bersama. Utamanya, seputar maksud dan tujuan penandatanganan kesepakatan bersama tersebut.

 

"Banyak yang bisa dikerjakan bersama antara  PNC dengan LAZISNU Cilacap. Hanya saja perlu membuat kesepakatan bersama," kata Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Aris Tjahyanto.

 

Menurut Aris Tjahyono, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam kerja sama antara PNC dengan LAZISNU salah satunya tentang pengabdian di masyarakat. Ia berharap arapanya ke depan antara LAZISNU dengan Politeknik bisa berjalan searah dalam pengembangan program.

 

"NU Care-LAZISNU adalah lembaga kemanusiaan. Sementara kita (PNC) adalah lembaga pendidikan yang salah satu misinya adalah pemberdayaan masyarakat. Sebagai perguruan tinggi kita punya ilmu dan alat. Sementara LAZISNU sebagai lembaga kemanusiaan juga butuh SDM yang bisa menunjang program mereka," sambung Aris.  

 

Aris Tjahyono juga menyampaikan bahwa saat ini Politeknik Negeri Cilacap telah mempunyai Program Studi (Prodi) Agro Industri. Ke depannya, ia mempunyai pandangan untuk mengembangankan potensi di daerah pesisir. Untuk itu Aris berharap nantinya PNC bersama dengan NU Care LAZISNU Cilacap bisa bekerjasama untuk merealisasikannya.

 

Direktur pelaksana NU Care-LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi menyampaikan maksud dan tujuan dari penandatanganan kesepakatan bersama tersebut.

 

"Maksud dari kesepakatan bersama ini adalah menjalin kerja sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat. Sementara  tujuan dari kesepakatan bersama ini adalah tercapainya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun kesepakatan bersama ini berlaku untuk jangka waktu tiga tahun," beber Fauzi.

 

Kontributor: Naeli Rokhmah
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online