Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ketua Fatayat NU Lasem Siap Isi Ceramah Usai Tarawih Virtual

Ketua Fatayat NU Lasem Siap Isi Ceramah Usai Tarawih Virtual
Ketua Fatayat NU Lasem Hj Fatimah Asri Muthmainnah. (Foto: Istimewa)
Ketua Fatayat NU Lasem Hj Fatimah Asri Muthmainnah. (Foto: Istimewa)

Kudus, NU Online
Ketua Fatayat NU Lasem, Rembang, Nyai Hj Fatimah Asri Muthmainnah telah siap mengisi ceramah usai shalat tarawih virtual pada Kamis (29/4). Kegiatan yang diberi nama ‘Ceramah Ramadhan Inklusif dan Shalat Tarawih Berjamaah’ akan diselenggarakan pukul 18.50-21.00 WIB.


“Saya mendapat undangan untuk mengisi ceramah setelah shalat Tarawih berjamaah secara virtual nanti malam,” ungkap Umi Aci, sapaan akrabnya.


Umi Aci mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Majelis Ta’lim Hilful Fudhul itu merupakan hasil kerja sama dengan PublicVirtue.id, Departemen Falsafah dan Agama Universitas Paramadina Jakarta, PSIPP ITB Ahmad Dahlan, dan Kitabisa.com. Acara tersebut mengusung tema ‘Keadilan Sosial dalam Perspektif Perempuan Disabilitas’. 


Pengasuh Pondok Pesantren Al-Aziz Lasem Rembang itu mengungkapkan, undangan terbuka untuk umum. “Siapa saja boleh mengikuti melalui Zoom, dengan ID: 834 1837 1969 dan Passcode: 12345,” ungkapnya. 


Umi Aci menambahkan, kegiatan ini telah berlangsung sejak Senin (19/4) hingga Selasa (11/5). Acara tersebut juga disiarkan melalui YouTube PSIPP ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Bertema 'Penceramah dari Ulama Perempuan dan Penyandang Disabilitas. Imam dan bilal pun berbeda-beda.


“Untuk tema hari ini saya sebagai penceramah, dengan Imam Ustadz Helmi Hidayat dan bilalnya KH Roland Gunawan. Kegiatan nanti akan dipandu oleh Anindya Joediono,” tuturnya. 


Ia mengaku, shalat tarawih berjamaah secara virtual diadakan dengan mengikuti syariat Islam dan merupakan ijtihad sementara di masa darurat kesehatan pandemi Covid-19.


“Selain memudahkan warga yang tidak dapat ke masjid karena alasan kesehatan, acara ini juga hendak menyajikan ceramah-ceramah yang mencerahkan, agar mereka yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan,” terangnya.


Umi Aci mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan shalat tarawih, terlebih secara berjamaah. “Karena Ramadhan hanya datang setahun sekali. Jadi, kita manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini dengan menjalankan tarawih berjamaah. Namun demikian, tetap mengedepankan protokol kesehatan yang baik dan benar,” pungkasnya.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online