Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bagi Paket Beras sampai Takjil Gratis Warnai Ramadhan NU Pringsewu

Bagi Paket Beras sampai Takjil Gratis Warnai Ramadhan NU Pringsewu
Beras untuk guru ngaji di Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Beras untuk guru ngaji di Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Memaksimalkan keutamaan bulan suci Ramadhan untuk membantu orang lain, Badan Otonom dan Lembaga Nahdlatul Ulama di Kabupaten pringsewu menggelar berbagai aksi sosial. Kegiatan tersebut menjadi semakin bermanfaat di tengah kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 yang belum juga mereda sampai dengan momentum Ramadhan 1442 H kali ini.


Kepedulian sosial ini diwujudkan di antaranya oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu dengan membagikan empat ton lebih beras. Beras yang sudah dikemas dalam kantong berukuran 10 kg ini dibagikan kepada para guru ngaji yang tersebar di penjuru Kabupaten Pringsewu.


“Beras ini merupakan realisasi dari pengumpulan sedekah berupa koin dari Kotak Koin Pondasi Akhirat. Salah satu peruntukannya adalah untuk para guru ngaji. Ramadhan bangkit bersama guru ngaji,” kata Manager Eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto, Sabtu (1/5).


Beras-beras ini mulai didistribusikan di bulan Ramadhan pada 1 Mei 2021 dan dipusatkan di Gedung NU Peduli Kemanusiaan yang terletak di Jl Sudirman Pringsewu Selatan. Sebelumnya pada bulan April lalu, LAZISNU sudah mendistribusikan sekitar dua ton beras untuk guru ngaji.


Bagi masyarakat luas yang ingin berdonasi ataupun berzakat ke NU Care-LAZISNU Pringsewu juga bisa menyalurkannya melalui rekening berikut: Rekening Zakat 035801016988536 (BRI) dan 0792171586 (BNI Syariah). Rekening Infak 035801016989532 (BRI) dan 0791720380 (BNI Syariah), Rekening ZIS 901.04.00001 (BMT NU Pringsewu) an.LAZISNU Kabupaten Pringsewu.


Selain aksi sosial yang dilakukan LAZISNU, para pemuda dan pelajar NU yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor juga menggelar aksi serupa. Para generasi penerus NU ini membagikan takjil gratis kepada para pengguna jalan di Simpang Tugu Pemuda Kecamatan Pringsewu, Jumat (30/4).


Kurang lebih 280 paket gratis yang terdiri dari minuman dan makanan didistribusikan untuk membantu masyarakat untuk berbuka puasa. Walau diwarnai turunnya hujan, takjil tersebut berhasil didistribusikan dalam waktu kurang lebih 30 menit.


“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya membentuk pemuda pemudi Nahdlatul Ulama yang berjiwa sosial. Pembagian tugas dilakukan untuk menyukseskan acara berbagi takjil. Ada yang memasak, membungkus, hingga membagikan. Persiapan juga telah dilakukan sejak Jumat pagi di Komplek Ponpes Al Wustho,” kata Pengurus IPPNU Pringsewu Nuri Resti Chayyani kepada NU Online.


Nuri mengungkapkan bahwa aksi ini bukan hanya dilakukan pada Ramadhan tahun ini. IPNU dan IPPNU juga melakukannya secara rutin bersama GP Ansor dan Banser di Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. "Semoga kegiatan-kegiatan berikutnya bertambah kompak dan menambah persaudaraan satu sama lain,” pungkasnya.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online