Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Ketua IPPNU Hulu Sungai Tengah: Pelajar NU Harus Jadi Teladan dalam Berbagi

Ketua IPPNU Hulu Sungai Tengah: Pelajar NU Harus Jadi Teladan dalam Berbagi
Para pengurus IPNU-IPPNU Hulu Sungai Tengah Kalsel bersiap membagikan takjil. (Foto: NU Online/Novei)
Para pengurus IPNU-IPPNU Hulu Sungai Tengah Kalsel bersiap membagikan takjil. (Foto: NU Online/Novei)

Hulu Sungai Tengah, NU Online
Dalam mewujudkan implementasi nyata hablun minannas yang diajarkan NU, agar memberi kebermanfaatan kepada sesama dan saudara seiman di bulan suci Ramadhan, Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) harus menjadi teladan.


Hal itu disampaikan Ketua PC IPPNU Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, Nor Habibah Rahmah, di sela kegiatan pembagian 100 paket takjil berbuka puasa oleh PC IPNU-IPPNU, Sabtu (1/5) sore.


“Sikap berbagi ini harus menjadi teladan bagi pelajar di lingkungan sekolahnya. Bahkan, di tempat tinggalnya masing-masing,” ujar Habibah.


Kegiatan dilakukan guna menggugah kepedulian dan semangat berbagi kader IPNU-IPPNU meski hanya dengan hal-hal kecil untuk orang-orang di sekitarnya yang sedang menjalankan ibadah puasa.


“Bisa sama-sama menikmati rejeki yang dirasakan dan diterima dari Allah, dan dengan berbagi di bulan Ramadhan inilah salah satu momen terbaik kita untuk menikmatinya,” kata Habibah, sapaan akrabnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sedekah sekecil apapun jika kita berikan kepada orang yang lain pasti kita akan merasa senang dan bahagia melihatnya. 


“Sekecil apapun sedekah yang kita berikan, pasti akan bermanfaat bagi orang lain,” tandas Habibah.


Dengan berjalan kaki, mereka menyisir jalanan pusat keramaian di sekitar Kantor Pos sampai pasar Murakatan Barabai, lapangan Dwi Warna Barabai, serta di sekitar jembatan Masjid Jami’ Sulaha.


“Alhamdulillah, berbagi kali ini kami lakukan di beberapa titik yang menjadi pusat keramaian. Dengan menyasar pengguna jalan dan juga tukang becak untuk diberikan paket berbuka ini,” ujar Habibah.


Pembagian takjil ini merupakan hasil donasi yang dikumpulkan dari masyarakat melalui media sosial IPNU-IPPNU Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang diolah oleh kader IPNU dan IPPNU.


“Kami menerima donasi berupa uang, sembako, dan lain-lain. Kemudian hasil donasi ini kami kumpulkan selama kurang lebih sepekan terakhir ini,” ungkap mahasiswi Pendidikan Agama Islam itu.


Habibah berharap, kegiatan semacam itu akan terus dilakukan, baik selama Ramadhan maupun nanti selepas bulan suci ini. Semangat berbagi harus terus tertanam baik di hati masing-masing kader IPNU maupun IPPNU.


“Kader IPPNU dan IPPNU harus tetap menjaga semangat berbagi. Terlebih di saat kondisi pandemi Covid masih juga belum usai, semangat ini harus tetap dirawat dan dijaga,” tutupnya.


Kontributor: Novei Ahdiyat
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya