Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Safari Ramadhan Ansor Bulukumba Sulsel Berbagi Masker dan Al-Qur'an

Safari Ramadhan Ansor Bulukumba Sulsel Berbagi Masker dan Al-Qur'an
Wakil Ketua Keorganisasian GP Ansor Bulukumba, Suardi Mansing (Foto: istimewa)
Wakil Ketua Keorganisasian GP Ansor Bulukumba, Suardi Mansing (Foto: istimewa)

Bulukumba, NU Online

Pada pekan ketiga bulan Ramadhan ini, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, bergerak melakukan Safari Ramadhan sekaligus membagikan mushaf Al-Qur'an ke masjid-masjid dan masker kesehatan untuk para jamaah.


Desa Padangloang menjadi kampung pertama yang disambangi dan akan terus berlanjut ke desa-desa lainnya selama tujuh malam berturut-turut.

 

Salah satu anggota tim Safari Ramadhan, Suardi Mansing mengatakan bahwa seluruh tim penceramah yang diterjunkan secara serempak akan membahas tentang moderasi beragama sebagaimana misi kekinian dari Ansor.

 

Menurutnya, safari kali ini GP Ansor ingin mengedukasi masyarakat tingkat akar rumput, tentang bagaimana beragama yang sejuk dan damai. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari pengetahuan keagamaan ekstrem yang merebak luas melalui media sosial dari telepon pintar. Bahkan, tidak jarang hadir langsung penceramah-penceramah pada majelis yang dibuat oleh masyarakat di desa. 

 

"Wujud komitmen Ansor Bulukumba melawan paham beragama yang ekstrem tersebut, salah satunya melalui kegiatan Safari Ramadhan ini agar nilai-nilai tawasuth dalam beragama senantiasa mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia yang sejak awal plural ini," harap pria yang juga Wakil Ketua Keorganisasian GP Ansor Bulukumba pada Rabu (5/5).

 

Melalui pembagian masker, GP Ansor menstimulus semangat masyarakat agar tetap menjaga kesehatan diri di tengah wabah Covid-19 yang belum berakhir. Jangan sampai masyarakat yang fokus menjalankan ibadah sunnah di bulan suci Ramadhan seperti shalat Tarawih di masjid secara berjamaah, tapi lalai dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga yang justru hukumnya wajib.

 

"Pembagian masker itu juga kita maksud sebagai wujud konstribusi kita bagi bangsa, kita mau membantu pemenrintah dalam menekan angka positif Covid-19," imbuhnya.

 

Terkait pembagian Al-Qur'an di masjid-masjid kampung, dilakukan karena kebanyakan mushaf-mushaf yang ada banyak dalam keadaan lusuh. Padahal anak-anak yang bersemangat mengaji sangat banyak, kegiatan TPA di setiap masjid yang ada di desa-desa juga dilakukan. Inisiatif untuk membagikan Al-Qur'an tersebut semuanya dari sumbangan pribadi kader-kader Ansor Bulukumba.

 

Sedangkan Rasyidin, Ketua GP Ansor Bulukumba saat dikonfirmasi menyampaikan Safari Ramadhan dilakukan pada pekan ketiga Ramadhan, karena sebagai rangkaian kegiatan peringatan Nuzulul Qur'an.

 

"Ini agenda rutin tahunan, kami lakukan setiap bulan Ramadhan sebagai bentuk abdi kita kepada agama, bangsa, dan negara. Ansor akan selalu hadir di tengah masyarakat dengan pengetahuan keagamaan yang sejuk sebagaimana kittah agama yaitu kedamaian," ungkapnya.

 

Kontributor: Ahmad Saeful
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya