Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARLAH KE-87 GP ANSOR

Ketua Ansor Sumedang Ajak Kader Kuasai Medsos sebagai Media Juang

Ketua Ansor Sumedang Ajak Kader Kuasai Medsos sebagai Media Juang
Suasana Harlah ke-87 Ansor di Sumedang. (Foto: NU Online/Ayi)
Suasana Harlah ke-87 Ansor di Sumedang. (Foto: NU Online/Ayi)

Sumedang, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menggelar acara puncak memperingati hari lahir ke-87 GP Ansor. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula PCNU Kabupaten Sumedang, Jumat (7/5). 


Ketua GP Ansor Kabupaten Sumedang Acep Komarudin Hidayat mengatakan bahwa tema yang diusung dalam Harlah GP Ansor kali ini yaitu ‘Transformasi Media Juang’. Maksudnya, GP Ansor harus mengikuti perkembangan zaman.


“GP Ansor jangan sampai kudet. Kader Ansor harus pandai memanfaatkan dan menguasai media sosial sebagai bahan perjuangan perkambangan organisasi,” tegas Acep. 


Mengapa medsos harus dikuasai, lanjut dia, karena medsos saat ini langsung datang ke kamar-kamar dan rumah-rumah. Bahkan, langsung datang ke tangan pribadi seseorang tanpa ada halangan.


“Momentum ini harus dimanfaatkan oleh GP Ansor untuk da'wah bil medsos. Sekecil apapun kegiatan Ansor mohon diunggah di medsos,” kata Acep. 


Acep juga menyampaikan bahwa GP Ansor Sumedang saat ini harus memadukan berbagai cara untuk melakukan tugas-tugas organisasi. “Semua organisasi tidak bisa mengerjakan dan menjalankan organisasinya sendiri-sendiri. Terkadang bersama-sama juga suka sulit, apalagi sendiri-sendiri,” tandasnya.


Hal ini disadari betul oleh GP Ansor Sumedang. Sumber daya dan tenaga di Ansor terbatas. Sebagai usaha untuk memaksimalkannya, pada tahun kemarin GP Ansor Sumedang selalu berkeliling mengadakan silaturahmi ke berbagai parpol, ormas, dan beberapa instansi pemerintah. 


“Tolong kegiatan silaturahmi ini hendaklah diikuti oleh Pengurus GP Ansor di berbagai tingkatan, mulai cabang hingga ranting,” ajak Acep. 


Saat ini, kata dia, GP Ansor Sumedang sedang melaksanakan pemberdayaan kader. Kader Ansor harus bisa menjadi solusi di masyarakat, bukan menjadi masalah di masyarakat. “GP Ansor harus mandiri secara organisasi dan mandiri secara pribadi,” tandasnya. 


Bertabur karangan bunga
Pantauan NU Online, sejumlah karangan bunga ucapan Harlah ke-87 ke GP Ansor berjejer di depan Gedung PCNU Sumedang. Karangan bunga dikirimkan para pejabat, tokoh masyarakat, dan aktivis parpol.


Di antaranya dari Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, dan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan. Ada pula kiriman dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang H Jajang Apipudin.


Sejumlah parpol antara lain dari Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Sumedang, Didi Suhrowardi dan Dadi Sopandi. Wakil Dewan Syuro PKB Sumedang Dudung Heryadi dan Ketua Lembaga Penyuluhan Bantuan Hukum dan Lakumham PKB Sumedang Jandri Ginting.


Beberapa karangan bunga dari perusahaan PT dan CV pun tampak terlihat. Salah satunya dari Direktur PT Aksata Reka Jaya, Abdul Latif dan Direktur CV Mahesa Jaya Abadi Shanty. 


Ketua GP Ansor Kabupaten Sumedang Acep Komarudin Hidayat menyambut gembira atas kiriman karangan bunga yang dikirim khusus mengucapkan Harlah ke-87 GP Ansor. Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mengirim karangan bunga tersebut.


"Saya mewakili para pengurus Ansor Sumedang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan karangan bunga bahagia kepada GP Ansor. Ini merupakan bentuk perhatian kepada kami,” pungkasnya.


Kontributor: Ayi Abdul Kohar
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online