Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sinergi dengan BI, LAZISNU Jember Salurkan 380 Paket Sembako

Sinergi dengan BI, LAZISNU Jember Salurkan 380 Paket Sembako
Salah satu momen penyerahan paket sembako hasil kerja sama LAZSINU Jember dan Bank Indonesia. (Foto: NU Online/Aryudi A Razaq)
Salah satu momen penyerahan paket sembako hasil kerja sama LAZSINU Jember dan Bank Indonesia. (Foto: NU Online/Aryudi A Razaq)

Jember, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jember Jawa Timur terus mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak untuk menyalurkan sembako menjelang tibanya Lebaran tahun ini. Yang terbaru, Bank Indonesia (BI) menggandeng LAZISNU Jember untuk menyalurkan 380 paket sembako. Ratusan sembako itu dibagikan kepada warga di 12 titik berbasis Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU).


“Jadi ini adalah amanah yang wajib kami sampaikan kepada yang berhak. Maka kami data warga yang berhak di masing-masing MWCNU,” ujar Ketua PC LAZISNU Kabupaten Jember, Achmad Fathor Rosyid di sela-sela pembagian sembako putaran terakhir di Ambulu, Sabtu (8/5).


Pembagian sembako hasil kerja sama dengan BI itu, pertama dilakukan di MWCNU Panti, Jember tanggal 29 April 2021. Setelah itu, sembako berlanjut di 11 titik lainnya. Hingga total mencapai 12 titik dengan 380 paket sembako. Ke-12 titik itu adalah MWCNU Panti, Sumberbaru, Semboro,  Jelbuk, Jenggawah, Ajung, Patrang, Pakusari, Mayang, Kalisat, Sumberjambe, dan Ambulu.


“Ke-380 paket sembako itu habis kami bagikan secara proporsional kepada warga di masing-masing MWCNU,” tambah Rosyid, sapaan akrabnya.


Dosen IAIN Jember itu mengungkapkan bahwa betapa besar manfaat sembako bagi warga. Katanya, saat ini masyarakat sangat membutuhkan sembako, lebih-lebih menghadapi Lebaran. Namun harga sembako yang cenderung naik, membuat masyarakat harus memutar otak untuk mendapatkan sembako. Sebab, sembako memang harus didapatkan dengan cara apapun karena sembako adalah kebutuhan pokok.


“Maka kehadiran sembako ini tentu sangat membantu,” terangnya.


Ia menambahkan, selain harga sembako yang cenderung naik, saat ini Covid-19 masih belum berakhir sehingga akses-akses keramaian dibatasi, padahal ini merupakan sumber penghasilan masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).


“Ya semakin berat beban masyarakat,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo, menyatakan bahwa bantuan sembako tersebut ditujukan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Diharapkan, beban masyarakat sedikit terkurangi dengan bantuan itu.


Sedangkan terkait proses pendistribusian sembako, katanya, akan dibantu oleh lembaga sosial lain bersama dengan Generasi Bank Indonesia (Genbi).


"Kita kolaborasikan dengan beberapa lembaga sosial dan terlebih dibantu oleh Genbi yang juga melakukan pendataan," tukasnya saat peluncuran bantuan sembako di kantor Perwakilan BI Jember, beberapa waktu lalu.


Pewarta:  Aryudi A Razaq
Editor: Muhammad Faizin

Posisi Bawah | Youtube NU Online