Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Idul Fitri 1442 H, Wapres Ajak Masyarakat Lanjutkan Perjuangan Hadapi Covid-19

Idul Fitri 1442 H, Wapres Ajak Masyarakat Lanjutkan Perjuangan Hadapi Covid-19
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Idul Fitri 1442 Hijriah ini untuk terus berjuang menghadapo wabah Covid-19. (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Idul Fitri 1442 Hijriah ini untuk terus berjuang menghadapo wabah Covid-19. (Foto: Setwapres)

Jakarta, NU Online
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Ia juga mengajak masyarakat untuk melanjutkan perjuangan menghadapi dan keluar dari pandemi Covid-19.

 

"Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci, serta menjadikan kita termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan, dan semoga kita semua senantiasa dalam kebaikan," kata Wapres melalui video yang diterima NU Online, Kamis (13/5).

 

"Mari kita lanjutkan perjuangan untuk keluar dari pandemi Covid-19 ini. Salah satunya dengan mengurangi mobilitas, karena kita tidak ingin usaha yang sudah dilakukan selama satu tahun terakhir, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini menjadi sia-sia," ajak Wapres.

 

Ia menuturkan, suasana Hari Raya Idul Fitri tahun ini, masyarakat Indonesia masih harus berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Demi keselamatan bersama, pemerintah pun telah kembali mengeluarkan larangan untuk mudik. 

 

Oleh karena itu, imbuh Wapres, lebaran tahun ini menuntut pengorbanan untuk tidak bisa bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman. Namun, situasi seperti itu jangan lantas mengurangi makna dari Idul Fitri. Sebab, silaturahim tetap bisa kita lakukan meskipun dengan jarak jauh melalui teknologi daring.

 

Ditegaskan, keselamatan sanak saudara dan handai taulan merupakan prioritas utama yang harus dijaga bersama sekalipun dalam situasi yang sangat berat dirasakan. Wapres pun yakin dan optimis bangsa Indonesia mampu menghadapi masa-masa sulit ini.

 

"Tetap semangat dan jangan berputus asa, karena di balik kesulitan itu pasti ada kemudahan," ucap Cicit Syekh Nawawi Al-Bantani ini.

 

Wapres jalankan shalat Idul Fitri di rumah dinas

Rencananya, Wapres akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 H di Pendopo rumah dinas di Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta, pada Kamis (13/5/2021). Shalat akan dimulai pada pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh jamaah terbatas. 

 

Sementara itu, sebagaimana pada tahun kemarin, Wapres kali ini juga tidak melaksanakan kegiatan open house pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Hal tersebut sejalan dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadan dan Pelarangan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online