Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PCNU Berau Kaltim Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

PCNU Berau Kaltim Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir
Penyaluran bantuan PCNU Berau Kalimantan Timur untuk warga terdampak banjir, Ahad (23/5). (Foto: istimewa)
Penyaluran bantuan PCNU Berau Kalimantan Timur untuk warga terdampak banjir, Ahad (23/5). (Foto: istimewa)

Berau, NU Online
Curah hujan tinggi yang mengguyur kawasan hulu beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air di Sungai Kelay dan Sungai Segah meninggi dan meluap sehingga merendam beberapa kampung di Kabupaten Berau.

 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau mencatat sedikitnya empat kecamantan dan 15 kampung terkena banjir hingga mencapai ketinggan dua meter. Empat kecamatan terdampak tersebut adalah Segah, Kelay, Sambaliung dan Teluk Bayur.


Bencana alam itu menyebabkan masyarakat terdampak membutuhkan tempat pengungsian, air bersih, bahan makanan, obat-obatan.


Untuk mengurangi penderitaan warga terdampak, PCNU Berau Kalimantan Timur menurunkan Tim Tanggap Bencana guna menyalurkan bantuan ke beberapa titik lokasi. Personel PCNU Berau dari unsur Mustasyar, LPBINU, LAZISNU, LPNU, LTN-NU, Jatman, Muslimat NU beserta YPMNU, Fatayat NU, PSNU Pagar Nusa, IPNU, IPPNU, dan JRA. 

 

Mereka bersama mitra di lapangan di antaranya dari Pemuda Smart dan Anak Republik Khatulistiwa, menyisir beberapa kawasan terdampak banjir di Kampung Tumbit Dayak dan Tumbit Melayu, Ahad (23/5).

 

Kondisi jalan yang sebagian belum beraspal dan beberapa akses yang sulit dijangkau, membuat tim bantuan mengerahkan tenaga ekstra untuk menuju lokasi bencana.


Mustasyar PCNU Berau, Makmur HAPK didampingi Ketua PCNU Berau, KH Masrur mengatakan, kehadiran Nahdlatul Ulama ke setiap lokasi bencana merupakan satu kewajiban yang harus dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

 

"Sebagai bagian dari masyarakat secara kultural, Nahdlatul Ulama dituntut selalu ada di tengah masyarakat, berkhidmat, menyapa dan memberikan pendampingan," ujarnya.

 

Bantuan yang disalurkan terdiri dari 250 dus air mineral dari Mustasyar, 150 liter minyak goreng dan 150 kilogram gula pasir dari Ketua Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama (YPMNU), 30 paket kebutuhan pokok dari Muslimat NU, peralatan mandi dan obat-obatan yang berasal dari sumbangan beberapa lembaga, badan otonom PCNU dan Nahdliyin Kabupaten Berau.

 

Sekretaris PCNU Berau Miriyadi mengatakan bantuan dari para donatur disampaikan kepada yang berhak sesuai amanah. "Ke depan, kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan dalam upaya menjalankan fungsi jamiyah ijtimaiyah Nahdlatul Ulama," ujarnya.


Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online