Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

NU Mimika Papua Sukses Maksimalkan Ramadhan untuk Penguatan Organisasi

NU Mimika Papua Sukses Maksimalkan Ramadhan untuk Penguatan Organisasi
Kegiatan safari Ramadhan PCNU Mimika Papua menyapa masjid dan mushala. (Foto: NU Online/Istimewa)
Kegiatan safari Ramadhan PCNU Mimika Papua menyapa masjid dan mushala. (Foto: NU Online/Istimewa)

Mimika, NU Online
Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Mimika, Papua Ustadz Sugiarso mengatakan bahwa Ramadhan 1442 H benar-benar dimanfaatkan kepengurusan Nahdlatul Ulama di sejumlah kawasan untuk kian memantapkan khidmah. Padatnya kegiatan digelar bukan semata menyapa jamaah, namun juga dalam rangka memperkuat pola hubungan sebagai organisasi atau jamiyah.


"Bagaimana tidak dikatakan padat, sejak malam ke-6 hingga 27 Ramadhan, tim safari non stop berkunjung dari satu masjid atau mushala basis NU yang hampir semuanya sudah menggelar rutinan istighotsah," kata Ustadz Sugiarso, Sabtu (22/5).


Ia menambahkan, PCNU telah membuat tim safari yang mengunjungi 21 masjid dan mushala. Pada saat bersamaan juga telah membagikan seribu nasi kotak sebagai menu buka puasa bersama.


"Kami rombongan biasanya datang ke lokasi sebelum waktu buka puasa dengan membawa kotak nasi untuk mengajak jamaah setempat dzikir bersama," jelasnya.


Rangkaian awal safari dimulai dari masjid Al-Aqsha dengan buka puasa bersama. Saat menyampaikan sambutan, Ketua PCNU Mimika, yakni H Imam Mawardi mengingatkan pentingnya amaliah NU.


"Shalat tarawih di lingkungan NU itu 20, bukan 8. Jadi malam ini dan semoga seterusnya tarawih Al-Aqsha bisa 20 rakaat," katanya.


Menurutnya, PCNU Mimika juga berbagi nasi kotak untuk buka puasa bersama yang berasal dari donatur yang siap dengan program safari Ramadhan.


"Total nasi yang didisitribusikan sekitar seribu kotak," terangnya.


Selain silaturahim dan penguatan amaliah NU, pada safari ini juga dilakukan siraman rohani yang diisi jajaran syuriyah PCNU Mimika. Yang diingatkan antara lain adalah bahwa dalam mengisi Ramadhan hendaknya selalu memperbanyak ibadah.


"Perintah Rasul dalam mengisi Ramadhan itu kita disuruh memperbanyak atau mempersedikit ibadah?" tanya Wakil Rais Syuriyah PCNU Mimika, Ustadz Hasyim Asyari.


Bila ternyata perintahnya memperbanyak, sudah selayaknya jamaah memperbanyak jumlah rakaat tarawih. Dari yang biasanya 8 semisal, menjadi 20 rakaat.


Selain siraman rohani, usai shalat tarawih juga dilakukan diskusi tentang zakat dan dinamika NU di kawasan setempat.


Pelaksanaan safari silaturahim juga mengunjungi mushala dari ujung barat hingga timur Mimika. Seperti mushala Nurul Ulum SP6, mushala  At-Takwa SP5, masjid At-Taubah SP7, masjid Al-Hidayah Kompi C Mapurujaya, Masjid Al-Haq Pomako dan lainnya yang mencapai 21 lokasi.


Tim safari silaturahim Ramadhan PCNU Mimika ini terdiri dari Wakil Rais Ustadz Hasyim Asyari, Ketua PCNU Gus Imam Mawardi,  Wakil Ketua, Ustadz Sugiarso, Wakil Katib, Ustadz Nafik, dan Wakil Bendahara, Muh Amin.


Juga turut bergabung Koordinator dan Pelatih Ahbabul Musthofa Mimika (AMM), Ustadz Muhtadin, Wakil Sekretaris, Ibnu Hamid, Barisan Ansor Serbaguna atau Banser yakni Matdai, Imam Bukhori, Suparno dan Rahman Dalang.


Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Muhammad Faizin

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya