Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PBNU Ajak Nahdliyin Sedunia Galang Donasi untuk Palestina melalui NU Care-LAZISNU

PBNU Ajak Nahdliyin Sedunia Galang Donasi untuk Palestina melalui NU Care-LAZISNU
Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini. (Foto: NU Online/Suwitno)
Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini. (Foto: NU Online/Suwitno)

Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak Nahdliyin sedunia agar bersama-sama menggalang donasi untuk warga Palestina, melalui NU Care-LAZISNU. Hal tersebut sebagai wujud dari upaya mempererat ikatan persaudaraan sesama umat Islam. 

 

Penggalangan donasi melalui tautan http://www.nucare.id/program/pedulipalestin hingga Kamis, 27 Mei 2021 berhasil mengumpulkan sekitar Rp740 juta dari total target Rp10 miliar. Sementara tenggat waktu donasi, tersisa 81 hari lagi. 

 

"Ayo kita galang dana kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Palestina, baik itu untuk kesehatan maupun pendidikan, sebagai bagian dari mempererat tali ukhuwah islamiyah bersama warga masyarakat di Palestina," tutur Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini secara virtual dalam Halal Bihalal NU Sedunia untuk Palestina dan Dunia, pada Kamis (27/5) malam.

 

Selain mengajak untuk melakukan donasi melalui NU Care-LAZISNU, Helmy mengingatkan bahwa pertemuan secara virtual itu juga dalam rangka membangun soliditas warga NU dengan saudara-saudara di Palestina. Sebab dilangsungkan pula pembacaan doa, hizib nashar, dan qunut nazilah yang diperuntukkan bagi warga Palestina. 

 

"Pada malam hari ini, kita membangun soliditas kita kepada saudara-suadara kita di Palestina dengan membaca doa, hizib nashar, dan qunut nazilah sekaligus melalui kesempatan pada malam hari ini, kita mengajak kepada seluruhnya untuk menggalang donasi dana kemanusiaan melalui NU Care-LAZISNU,"” tuturnya. 

 

"Kebetulan tadi saya barusan berkomunikasi dengan Pak Ajat (H Achmad Sudrajat, Dewan Penasihat NU Care-LAZISNU) baru terkumpul Rp700 juta saja, maka saya mengajak dan menyerukan kepada seluruh warga masyarakat untuk menggalang donasi buat warga Palestina melalui NU Care-LAZISNU," imbuhnya, pada agenda silaturahim yang dihadiri oleh seluruh PCNU dan PWNU se-Indonesia, serta PCINU sedunia.  

 

Ia mengaku bersyukur karena NU Care-LAZISNU, sebagai ujung tombak dari Jamiyah NU, telah senantiasa berupaya memberikan bantuan kemanusiaan. Hal itu menjadi bagian dari perkhidmatan organisasi Islam terbesar di Indonesia ini. 

 

"Dari tahun ke tahun (NU Care-LAZISNU) telah menampilkan perform luar biasa sehingga pengumpulan dana yang dilakukan NU Care-LAZISNU semakian hari semakin bertambah. (Dan) tentu bertambah pula-lah khidmat dan pengabdian kita kepada warga khususnya, dan kepada umat pada umumnya," ujar Helmy.

 

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj juga telah mengajak Nahdliyin untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina melalui NU Care-LAZISNU. Ajakan itu disampaikan saat berkunjung ke rumah Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, di Jakarta, pada 17 Mei 2021 lalu. 

 

"Saya mengajak kepada seluruh Nahdliyin dan umat Islam pada umumnya, mari kita berikan bantuan seikhlas mungkin, berapa pun akan berarti untuk warga Palestina. Saya ajak semua warga Nahdliyin memberikan dukungan melalui NU Care-LAZISNU," sambung Kiai Said.

 

Dijelaskan, jika donasi itu sudah terkumpul dalam jumlah yang cukup maka akan diserahkan langsung kepada Dubes Palestina Zuhair Al-Shun. "Insyaallah dalam waktu dekat, jika sudah terkumpul dalam jumlah yang cukup lumayan, nanti kita sampaikan kepada Bapak Dubes secara langsung," ujar Kiai Said.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online